3 Cara Cek No Induk Siswa Nasional, Penting untuk Pendaftaran Daftar Sekolah

oleh -129 Dilihat
Cara cek No Induk Siswa Nasional

Pelajar, orang tua dan guru tidak perlu repot ketika harus mengecek NISN. Cara cek No Induk Siswa Nasional atau NISN dapat dilakukan secara online melalui basis data Kemendikbudristek. Hal ini penting guna mengidentifikasi siswa di seluruh sekolah wilayah Indonesia.

Mengenal Nomor Induk Siswa Nasional

Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang berlaku sepanjang masa. Kode ini digunakan untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan dengan NPSN.

Sistem pengelolaan NISN dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan di bawah Kemendikbudristek. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi ditampilkan secara terbuka melalui situs NISN. Dashboard pengelolaan data peserta didik bertujuan memudahkan verifikasi dan validasi sistem pengelolaan data.

Referensi data tersebut berisi informasi peserta didik mulai dari berbagai tingkat satuan pendidikan. Selain itu, NISN juga berfungsi untuk melihat residu data peserta didik yang masih harus melakukan perbaikan.

Bagaimana Cara Cek No Induk Siswa Nasional?

NISN merupakan nomor wajib dimiliki oleh peserta didik di semua jenjang pendidikan. Saat siswa aktif di sekolah, maka secara otomatis nomor NISN juga aktif. Sebaliknya, jika siswa belum terdaftar di sekolah manapun, maka nomor induk siswa nasional pun tidak aktif. Berikut ini cara cek No Induk Siswa Nasional yang perlu dipahami:

1. Menggunakan Nama Siswa

Cara cek NISN bisa menggunakan data siswa, mulai dari tempat, tanggal lahir, dan nama. Untuk cara cek NISN dengan nama dapat mengikut langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser, lalu akses nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Kemudian pilih menu “Pencarian Nama”.
  • Masukkan nama siswa, tanggal lahir, tempat lahir dan nama ibu.
  • Untuk verifikasi NISN, centang “I’m not robot”.
  • Klik “Cari Data”
  • Kemendikbudristek akan memberi data permintaan Anda.

2. Berdasarkan Nama Sekolah

Selain menggunakan nama siswa, cara cek No Induk Siswa Nasional juga bisa menggunakan nama sekolah. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengecek NISN berdasarkan sekolah:

  • Buka terlebih dahulu laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian, pilih opsi pencarian NISN berdasarkan nama sekolah.
  • Masukkan nomor NISN yang dicari.
  • Setelah tekan enter, Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

3. Menggunakan NIK

Selain menggunakan dua cara sebelumnya, Anda bisa mencoba cek NISN dengan NIK. Cara ini bahkan bisa dilakukan tanpa login di aplikasi Dapodik dengan langkah-langkah:

  • Ketik link http://pd.data.kemdikbud.go.id/.
  • Klik login yang ada di atas dashboard, kemudian Anda akan diarahkan ke tab login. Gunakan akun dapodik Anda.
  • Setelah berhasil login, cara cek No Induk Siswa Nasional selanjutnya yaitu dengan klik peserta didik.
  • Secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada data NIK, NISN, Nama, Jenis Kelamin dan Nomor SKHUN.

Fungsi Nomor Induk Siswa Nasional

Mengingat fungsinya yang penting, maka setiap pelajar wajib memiliki NISN. Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat memiliki nomor induk siswa nasional:

1. Identifikasi Peserta Didik

Tujuan memiliki NISN yang pertama yaitu mengidentifikasi setiap peserta didik di seluruh sekolah secara standar, konsisten dan berkesinambungan. Hal ini memudahkan pengecekan baik bagi guru maupun orang tua siswa.

2. Sebagai Pusat Pelayanan

NISN juga memiliki manfaat sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online, terutama bagi uni-unit kerja di Kemendikbud. Selain itu, NISN membantu memudahkan pengecekan bagi DInas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang sifatnya standar.

Cara cek No Induk Siswa Nasional atau NISN bersifat terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi terkini.

3. Sistem Pendukung Program Dapodik

Manfaat selanjutnya dari NISN yaitu sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program pendidikan. Dukungan ini dapat dirasakan di tingkat pusat, provinsi, kota hingga sekolah. Misalnya, mempermudah Bantuan Operasional Sekolah atau BOS, pelaksanaan Ujian Nasional, PIP, dan SNMPTN.

Berbagai Masalah Terkait NISN yang Sering Terjadi

Jika terjadi masalah terkait NISN harus segera mendapatkan penyelesaian agar tidak mengganggu proses pendaftaran siswa baru nantinya. Berikut ini masalah yang sering terjadi terkait NISN:

1. Tidak Menemukan NISN pada Sistem

Saat cek NISN online terkadang menemui beragam kendala, salah satunya NISN siswa tidak ditemukan. Ada tiga alasan mendasar kenapa NISN siswa tidak ditemukan pada sistem, antara lain:

  • Cara cek No Induk Siswa Nasional atau NISN tidak valid bisa disebabkan karena data tidak diterbitkan oleh PDSPK.
  • NISN yang tercantum di dokumen adalah milik orang lain atau tidak terdata pada arsip NISN karena terdapat kesalahan penulisan.
  • Terdapat perbedaan data arsip atau data sebelumnya. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena data tidak lengkap atau tidak sesuai dokumen kependudukan. Misalnya terjadi perbedaan ejaan nama, tempat maupun tanggal lahir.

Untuk memperbaiki data NISN dapat dilakukan melalui aplikasi VervalPd pihak operator sekolah. Perbaikan data harus melampirkan scan dokumen resmi yang diupload melalui situs website VervalPd.

2. Prosedur Pengusulan NISN Baru

Lalu bagaimana cara cek no induk siswa nasional untuk siswa pindahan dari luar negeri? Pada dasarnya hal tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti mekanisme berikut ini:

  • Orang tua siswa yang bersangkutan bisa mengisi data kesetaraan secara online dengan mengakses laman kemendikbud.go.id.
  • Kemudian pilih menu “Kesiswaan”.
  • Lalu, klik jenis layanan “Perizinan dan Penyetaraan Ijazah”.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya mengenai prosedur dan pelaksanaannya.
  • Siswa yang telah mendapatkan surat keterangan penyetaraan akan diberi NISN.

3. NISN Dapodik Berbeda dengan Ijazah

Cara cek no induk siswa nasional di ijazah dan NISN Dapodik atau EMIS terkadang terjadi perbedaan. Pada dasarnya data siswa antara satu dengan yang lain dalam sistem harus sama agar tidak terjadi kesulitan di kemudian hari. Jika menemui kendala perbedaan NISN, maka lakukan hal berikut ini:

  • Anda harus memastikan NISN yang tercantum pada ijazah valid atas nama siswa tersebut. Cek melalui laman nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Jika sudah valid, maka hubungi operator sekolah untuk mengajukan perubahan NISN melalui aplikasi VervalPD. Lampirkan dokumen asli baik, ijazah, kartu NISN, dan raport. Hal ini bertujuan agar NISN tersebut memang telah digunakan oleh siswa yang bersangkutan.

4. NISN Ganda

Bagaimana jika saat melakukan cara cek no induk siswa nasional malah menemukan NISN ganda? Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk solusinya:

  • Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id untuk memastikan kedua NISN tersebut memiliki identitas sama.
  • Jika sudah memastikan bahwa kedua NISN adalah milik siswa yang sama, maka bisa memilih salah satu NISN.
  • Kemudian, ajukan perubahan NISN melalui VervalPD disertai dokumen asli sebagai pendukung atas nama siswa tersebut.
  • Pastikan operator sekolah konsisten menggunakan NISN yang dipilih antara data Dapodik maupun program lainnya, seperti UN, KIP, Bidikmisi dan PDSS.

Mengingat pentingnya NISN, cara cek no induk siswa nasional wajib dipahami operator sekolah, orang tua maupun siswa itu sendiri. Pastikan data NISN sama dengan ijazah dan program-program pendidikan lainnya, seperti UN, KIP dan PDSS. Hal ini bertujuan memudahkan proses pendaftaran siswa baru dan program pendidikan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.