Cara Menggambar Batik yang Mudah: Kenali 10 Ragam Motifnya

oleh -94 Dilihat
cara menggambar batik yang mudah

Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang memiliki corak beragam di setiap daerah. Anda bisa mengajarkan cara menggambar batik yang mudah kepada anak-anak sebagai pengenalan budaya sejak dini. Hal ini juga akan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya Indonesia.

Perkembangan Batik di Indonesia

Batik merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang memadukan seni dan teknologi. Batik Indonesia mengalami perkembangan signifikan hingga berada di tingkatan yang tidak bisa dibandingkan dalam desain atau motif. Corak ragam batik memiliki makna dan filosofi yang terus digali dari berbagai macam adat istiadat di Indonesia.

Umumnya motif batik memadukan garis, bentuk, serta aksen yang menjadi satu kesatuan hingga terwujud dalam batik secara keseluruhan. Motif batik dapat terinspirasi dari manusia, hewan, geometris, dan lainnya. Perlu diketahui bahwa motif batik kerap digunakan untuk menunjukkan status sosial seseorang.

Sejak zaman dahulu membatik merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun. Hal tersebutlah yang kerap kali melahirkan motif batik yang khas dan diproduksi oleh keluarga tertentu. Indonesia memiliki beberapa gambar batik mudah dan bagus yang berkaitan dengan budaya tertentu.

Keberadaan motif batik juga dipengaruhi beberapa faktor, misalnya letak geografis. Sebagai contoh, batik di daerah pesisir akan menghasilkan motif yang berhubungan dengan laut. Hal ini juga berlaku untuk wilayah lain, seperti di daerah pegunungan akan terinspirasi oleh alam yang ada di sekitarnya.

Bisa juga motif batik diambil dari kondisi alam di sekitarnya baik flora maupun fauna.Cara menggambar batik yang mudah harus dipahami oleh generasi muda karena saat ini batik telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO.

Cara Menggambar Batik yang Mudah untuk Anak

Cara menggambar batik yang mudah dan bagus sebetulnya tidak terlalu sulit jika mengikuti pola yang sederhana. Batik juga memiliki motif dan detail yang rumit namun juga masih pemula sebaiknya menggunakan motif yang mudah.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuat pola pastikan menyiapkan semua peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan. Pada dasarnya, untuk menggambar batik tidak memerlukan banyak peralatan, hanya perlu menyiapkan:

  • Kertas gambar
  • Pensil
  • Pulpen atau spidol hitam
  • Penggaris
  • Pensil warna atau cat air
  • Penghapus

2. Membuat Garis Bantu

Setelah semua peralatan siap, maka ikuti cara menggambar batik yang mudah dengan membuat garis bantu. Pada dasarnya cara menggambar batik bisa langsung dilakukan pada sehelai kain atau kertas terlebih dahulu kemudian dijiplak ke kain. Selanjutnya buatlah garis bantu dengan tujuan agar pola atau motif yang digambar lebih teratur dan selaras.

Buatlah garis horizontal, vertikal, dan diagonal untuk memudahkan cara menggambar batik yang mudah.

3. Menggambar Pola

Jika sudah selesai membuat garis bantu, maka lanjutkan dengan menggambar pola sesuai keinginan. Motif batik yang sering digunakan adalah motif Kawung karena mudah dibuat. Batik kawung dibuat dengan menggambar garis lengkung yang membentuk seperti kelopak bunga secara simetris.

Kemudian, pertegas garis menggunakan spidol hitam atau pulpen agar motif batik terlihat jelas. Tunggu hingga spidol atau tinta pulpen kering, lalu hapus seluruh goresan penis seperti garis bantu dan bingkai.

4. Mewarnai Pola

Setelah pola batik Lampung dibuat gambar tersebut bisa diberi warna. Untuk pola batik yang berasal dari Solo dan Yogyakarta umumnya menggunakan warna coklat dan hitam. Namun, Anda bebas berkreasi dengan warna lain.

Sketsa Batik yang Mudah Ditiru

Batik memiliki beragam motif mulai dari Megamendung, Parang hingga motif flora dan fauna. Tingkat kesulitannya pun berbeda-beda. Untuk pemula sebaiknya gunakan cara menggambar batik yang mudah dengan motif-motif berikut ini:

1. Motif Parang

Motif Parang memiliki bentuk garis zigzag yang bersilangan mirip pola gunung di peta topografi. Motif ini memiliki makna kekuatan ketahanan dan kemakmuran motif Parang juga memiliki beberapa jenis seperti parang rusak Parang Kusumo dan parang barong.

2. Motif Kawung

Jika Anda mencari cara menggambar batik yang mudah untuk anak SD maka motif Kawung menjadi pilihan tepat. Motif Kawung memiliki bentuk lingkaran yang berserat, mirip Buah kawung atau kelapa sawit yang masih muda.

Motif ini melambangkan keberanian, kekuasaan, dan kepercayaan diri. Menariknya, batik motif Kawung memiliki dua jenis yaitu Kawung Ali dan Kawung gede.

3. Motif Mega Mendung

Batik dengan motif mega mendung merupakan ciri khas dari kota Cirebon. Motif ini cukup terkenal karena memiliki bentuk awan unik. Umumnya motif ini menggunakan warna biru dan putih. Cara menggambar batik yang mudah menggunakan motif mega mendung paling diminati.

Mega mendung memiliki makna keseimbangan, alam, dan keberuntungan. Menariknya, motif mega mendung ini juga memiliki beberapa jenis seperti mega mendung bumi, mega mendung air, dan mega mendung langit

4. Motif Truntum

Sedangkan motif truntum pada batik terdiri dari bentuk segitiga atau bujur sangkar yang tersusun berulang. Cara menggambar batik yang mudah ini mirip dengan motif jala ikan. Motif truntum memiliki makna kesucian, keberanian, dan kebahagiaan. Ada dua jenis motif truntum yang bisa Anda gunakan yaitu truntum sido asih dan truntum sidoluhur.

5. Motif Sekar Jagad

Motif sekar jagat terinspirasi dari bentuk bunga dan tanaman yang ada di alam. Motif ini memiliki makna keindahan alam dan kebahagiaan. Sekar jagat sendiri memiliki beragam jenis, mulai jagat alit, jagat gede, dan jagat perada.

6. Batik Bunga Kipas

Untuk pemula, Anda bisa memilih batik bunga kipas. Sketsa batik bunga kipas terdiri dari motif bunga yang dikelilingi beberapa bentuk dengan detail-detail kecil. Batik dengan motif tersebut memiliki sketsa yang rapi dan simetris.

7. Batik Motif Kerang

Cara menggambar batik yang mudah selanjutnya yaitu menggunakan motif kerang. Salah satu motif fauna ini terinspirasi dari batik Situbondo. Batik asal Situbondo banyak menggunakan motif biota laut dengan warna mengesankan.

8. Motif Kupu-kupu

Motif batik yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu kupu-kupu. Motif ini terinspirasi dari batik Pekalongan yang banyak menggunakan kupu-kupu pada kainnya. Perpaduan warna coklat, merah, dan biru menjadikannya lebih menarik.

9. Motif Tambal

Cara menggambar batik yang mudah selanjutnya yaitu menggunakan motif tambal. Motif ini terdiri dari bentuk-bentuk geometris yang tersusun secara berulang, mirip seperti papan catur. Motif tambal melambangkan kestabilan, kesetiaan, dan ketenangan. Motif tambal juga memiliki beberapa jenis seperti tambal ngores, tambal kembang, dan tambal gajah.

10. Batik Motif Nitik

Anda juga bisa menggambar batik menggunakan motif nitik. Motif ini terdiri dari titik-titik kecil yang tersusun berulang dan membentuk pola geometris maupun figuratif. Motif nitik memiliki makna kesabaran, ketelitian, dan keindahan. Coba juga untuk menggunakan beberapa jenis motif nitik, seperti nitik bengkung, nitik pala, dan titik batu.

Cara menggambar batik yang mudah merupakan bagian dari tugas anak-anak di tingkat SD maupun lanjutan. Adanya tugas ini bertujuan untuk mengenalkan budaya leluhur kepada generasi penerus. Sebab, batik sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO yang harus dijaga bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.