Panduan Praktis: Cara Menuliskan Rumus di Word

oleh -257 Dilihat
Cara Menuliskan Rumus di Word

Microsoft Word tidak hanya bisa digunakan untuk menulis teks, tetapi juga dapat digunakan untuk menyusun rumus matematika atau rumus ilmiah lainnya. Namun, untuk bisa melakukan ini, pastinya Anda perlu mengetahui bagaimana cara menuliskan rumus di Word untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Fitur untuk menulis rumus ini sering kali dibutuhkan untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah, bahkan digunakan oleh para karyawan di bidang tertentu. Sayangnya, masih banyak orang yang kebingungan atau tidak tahu bagaimana cara menuliskan rumus di Word ini.

Cara Menuliskan Rumus di Word dengan Mudah

Untuk bisa menuliskan rumus matematika atau rumus ilmiah lainnya, Anda misa melakukannya menggunakan Microsoft Word mulai dari versi 2007 hingga versi terbarunya, yaitu Microsoft Office Word 2019. Cara menuliskan rumus di Word ini memerlukan fitur yang disebut dengan fitur Equation.

Equation merupakan fitur yang berguna untuk menambahkan simbol-simbol yang tidak terdapat pada keyboard. Dalam fitur ini, terdapat berbagai simbol yang dapat digunakan untuk menuliskan rumus matematika di Word. Selain itu, fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk menuliskan rumus mata pelajaran lain terkait, seperti kimia dan fisika.

Sebagai catatan tambahan, cara menuliskan rumus di Word ini sebaiknya dilakukan di Microsoft Word yang ada di laptop atau komputer PC Anda. Selain versi aplikasi atau software yang berbeda, menggunakan laptop atau komputer akan memberikan fleksibilitas untuk Anda dalam mengatur rumus yang akan ditambahkan.

Cara Mengaktifkan Fitur Equation di Word

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara menuliskan rumus di Word, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur Equation terlebih dahulu. Hal ini tidak lain karena Anda perlu mengaktifkan fitur Equation terlebih dahulu untuk bisa menuliskan rumus di Microsoft Word.

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur yang Equation di Microsoft Word Anda adalah sebagai berikut.

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer PC Anda.
  2. Pilih opsi “Insert” dari menu utama.
  3. Temukan fitur Equation dengan mengklik ikon Phi yang terletak di sebelah kanan.
  4. Klik ikon Drop Down di sebelah fitur tersebut, dan pilih opsi ‘Insert New Equation’.
  5. Secara otomatis, Anda akan dialihkan ke menu ‘Design’ di mana Anda dapat memasukkan rumus-rumus di Microsoft Word.
  6. Selanjutnya, Anda dapat membuat berbagai rumus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menulis Rumus Matematika di Microsoft Word

Setelah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur Equation, selanjutnya Anda akan diajak untuk membahas tentang bagaimana cara menuliskan rumus di Word. Apalagi ada banyak rumus matematika yang sering digunakan atau dibutuhkan. Berikut ini panduan cara menuliskan rumus di Word untuk rumus-rumus matematika.

Menulis Rumus Pecahan Matematika di Word

Pecahan adalah representasi dari bilangan dalam bentuk matematika a/b. Untuk menulis rumus pecahan di Microsoft Word berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer PC Anda.
  2. Akses menu Equation dan pilih opsi Fraction.
  3. Selanjutnya, pilih ‘Style’ yang sesuai dengan format pecahan yang ingin digunakan. Di dalam menu ini, Anda juga dapat memilih rumus yang umum digunakan dalam opsi ‘Common Fraction’.
  4. Isi format style tersebut dengan angka atau huruf yang relevan sesuai dengan rumus yang ingin Anda buat.

Menulis Rumus Pangkat atau Kuadrat di Word

Untuk menulis rumus pangkat atau kuadrat di Microsoft Word, Anda dapat dengan mudah menggunakan menu ‘Script’. Adapun langkah-langkah untuk menulis rumus kuadrat adalah sebagai berikut.

  1. Buka tab ‘Insert’ pada Microsoft Word dan akses menu Equation.
  2. Pilih opsi ‘Script’.
  3. Pilih template atau gaya yang ingin digunakan. Anda juga dapat menggunakan rumus yang umumnya tersedia di bagian Common Subscripts and Superscripts.
  4. Isi format style tersebut dengan angka atau huruf yang sesuai dengan rumus yang ingin Anda buat.

Menulis Rumus Akar Matematika di Word

Untuk membuat rumus akar di Microsoft Word, Anda dapat membuka menu Radical. Berikut adalah langkah-langkah membuat rumus akar adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Ms. Word di laptop atau komputer Anda.
  2. Pilih tab ‘Insert’ dari menu utama dan klik opsi ‘Equation’.
  3. Pilih opsi ‘Radical’. Pada bagian ini, Anda dapat memilih template akar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti akar pangkat 2 atau akar pangkat tiga.
  4. Isi format style tersebut dengan angka atau huruf yang sesuai dengan rumus yang ingin Anda buat.

Menulis Rumus Integral di Word

Untuk bisa membuat rumus persamaan integral, Anda bisa menggunakan menu Integral yang ada pada Equation. Adapun cara membuat persamaan Integral di Word adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer Anda.
  2. Pilih tab ‘Insert’ dari menu utama dan klik opsi ‘Equation’.
  3. Pilih opsi ‘Integral’, lalu pilih jenis integral yang diperlukan sehingga simbol integral akan muncul di dokumen Anda.
  4. Masukkan angka ke dalam simbol integral tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengubah dan Mengedit Penulisan Rumus di Microsoft Word

Saat membuat atau menulis rumus di Microsoft Word, sering kali terjadi kesalahan yang membuat kita harus mengubah atau mengedit rumus yang telah dituliskan sebelumnya. Oleh karena itu, Anda tidak hanya perlu mengetahui bagaimana cara menuliskan rumus di Word, tetapi juga mengetahui bagaimana mengubah atau mengeditnya.

Jika Anda perlu melakukan hal tersebut, berikut ini langkah-langkah untuk mengedit rumus yang telah dituliskan di Microsoft Word.

  1. Posisikan kursor pada bagian rumus yang ingin diubah.
  2. Klik kiri dua kali pada rumus tersebut.
  3. Anda akan diarahkan ke menu Equation Tool.
  4. Di dalam menu ini, Anda dapat memilih dari beberapa opsi untuk menyunting rumus.
  5. Lakukan proses penyuntingan ini secara rinci agar menghindari kesalahan.
  6. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan untuk menyunting rumus lainnya jika diperlukan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat menulis Rumus di Microsoft Word

Saat menulis rumus di Microsoft Word, ada beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan. Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menulis rumus tersebut adalah sebagai berikut.

  • Fitur Equation tidak mendukung penulisan kalimat atau kata-kata panjang. Meskipun CTRL + Spasi dapat memberikan spasi, namun fitur ini lebih cocok untuk kata-kata pendek. Penggunaan rumus terbatas pada kata-kata singkat dalam fitur.
  • Fitur Equation hanya sesuai untuk menuliskan simbol huruf, angka, dan simbol matematika. Dengan kata lain, fitur ini tidak cocok untuk penulisan kalimat atau kata-kata panjang.
  • Menulis rumus memerlukan ketelitian dan kejelian yang lebih tinggi dibandingkan mengetik kata atau kalimat di Word. Proses editing juga memerlukan tingkat ketelitian yang sama.

Dengan mengikuti panduan dan tips cara menuliskan rumus di Word di atas, Anda dapat dengan mudah menuliskan berbagai rumus di Microsoft Word. Memanfaatkan fitur Equation tersebut akan membantu dokumen Anda menjadi lebih dinamis dan kaya dengan berbagai rumus matematika atau rumus ilmiah lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.