4 Cara Pemindahan Faskes BPJS Online dan Syaratnya, Mudah Kok!

oleh -44 Dilihat
cara pemindahan faskes BPJS online

Fasilitas kesehatan yang menjalin kerjasama dengan BPJS merupakan tempat berobat yang harus dipilih peserta BPJS kesehatan. Peserta bisa pindah, namun harus memenuhi syarat dan tata cara pemindahan faskes BPJS online dan offline. Fasilitas kesehatan terdiri dari tingkat 1, tingkat 2, dan lanjutan.

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tertentu, peserta BPJS kesehatan harus mendatangi fasilitas kesehatan tingkat 1. Jika faskes tingkat 1 tidak dapat memenuhi layanan, maka akan direkomendasi melalui surat rujukan.

Syarat Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Terdapat beragam alasan mengapa peserta BPJS Kesehatan mencari tahu cara pindah faskes BPJS lewat WA. Tidak ada fasilitas yang memadai, pelayanan dan tidak sesuai atau peserta pindah domisili menjadi alasan mengapa dilakukan pemindahan faskes. Faskes tingkat 1 merupakan fasilitas kesehatan yang dipilih peserta BPJS saat pertama kali mendaftar.

Pada dasarnya, cara pindah fasilitas BPJS Kesehatan sangat mudah, penuhi terlebih dahulu persyaratan berikut ini:

1. Syarat Umum

Terdapat syarat umum dan khusus yang harus dipersiapkan saat memutuskan pindah faskes BPJS Kesehatan. Berikut ini empat syarat umum yang harus Anda penuhi:

  • KTP
  • Kartu BPJS Kesehatan asli dan fotokopi.
  • Kartu Keluarga.

2. Pindah Faskes Kurang dari 3 Bulan

Cara pemindahan faskes BPJS online untuk peserta yang kurang dari tiga bulan pada faskes sebelumnya harus memenuhi sejumlah persyaratan. Peserta yang ingin memindahkan faskes namun, tidak memenuhi persyaratan, maka secara otomatis tidak bisa melakukan perubahan faskes. Simak peserta BPJS Kesehatan harus memenuhi empat kondisi berikut:

  • Peserta BPJS Kesehatan pindah domisili.
  • Pemindahan penugasan dinas atau pelatihan yang harus dibuktikan dengan surat keterangan penugasan.
  • Proses pemindahan peserta yang belum merata, sehingga ingin kembali terdaftar di faskes tingkat 1 sebelumnya.
  • Penggantian fasilitas kesehatan akan berlaku pada bulan berikutnya.

Untuk peserta BPJS Kesehatan yang ingin pindah faskes tingkat 1 kurang dari tiga bulan harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Kartu JKN KIS
  • KK
  • Surat Keterangan Domisili, surat pindah atau surat keterangan kuliah.

Cara Pemindahan Faskes BPJS Online

Pada dasarnya untuk pindah faskes BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online atau langsung datang ke kantor BPJS. Namun, cara pemindahan faskes BPJS online dinilai lebih mudah. Berikut ini empat cara memindahkan faskes BPJS Kesehatan yang bisa Anda pilih:

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan, peserta dapat mengganti faskes melalui aplikasi JKN. JKN mobile merupakan aplikasi yang menyediakan layanan administrasi dan informasi BPJS Kesehatan secara lengkap. Berikut ini cara pindah faskes BPJS online JKN mobile:

  • Lakukan pengunduhan aplikasi JKN Mobile, lalu klik daftar.
  • Masukkan nomor kartu JKN KIS, lalu isi data NIK, KTP dan email.
  • Cara pemindahan faskes BPJS online selanjutnya yaitu menunggu nomor aktivasi yang dikirimkan melalui email.
  • Kemudian, masukkan nomor ke aplikasi agar segera aktif.
  • Setelah login, masuk ke halaman utama.
  • Klik “Ubah Data Peserta”.
  • Kemudian, pilih nama peserta yang akan pindah faskes BPJS Kesehatan.
  • Setelah muncul pop up “Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama”, isi data faskes pengganti yang Anda inginkan.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa data Anda telah diubah.

Perlu dicatat bahwa cara ini tidak berlaku bagi peserta yang ingin pindah ke faskes tingkat 1 kurang dari 3 bulan.

2. Hubungi Call Center

Cara pemindahan faskes BPJS online juga bisa dilakukan melalui call center 165. Peserta BPJS Kesehatan hanya perlu menyampaikan perubahan data dan tujuan faskes yang diinginkan.

3. Mobile Customer Service

BPJS Kesehatan memberikan pelayanan mobil keliling atau dikenal sebagai Mobile Customer Service. MCS merupakan layanan rutin yang memudahkan masyarakat mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor. Anda bisa mengakses beragam layanan melalui MCS, antara lain:

  • Registrasi JKN Mobile.
  • Melakukan pendaftaran peserta baru.
  • Perubahan kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Layanan skrining awal untuk riwayat kesehatan.
  • Melakukan perubahan data, seperti identitas, kelas, alamat hingga faskes tingkat 1.
  • Pengajuan reaktivasi segmen PBI-JK.
  • Layanan informasi dan pengaduan.

Cara pemindahan faskes BPJS online dilakukan dengan memperhatikan jadwal. Kemudian isi formulir peserta dan menunggu antrian.

4. Melalui MPP

Kementerian PANRB menyampaikan bahwa per Juli 2023 sebanyak 134 Mal Pelayanan Publik telah diresmikan. Cara pindah faskes BPJS dari puskesmas ke klinik bisa disampaikan dengan mengunjungi MPP di kota atau kabupaten tempat tinggal Anda. Isi formulir sebagai langkah awal, lalu tunggu antrian untuk mendapatkan layanan tersebut.

Mengapa Tidak Bisa Mengganti Faskes di JKN Mobile?

Beberapa peserta BPJS Kesehatan mengalami kendala saat melakukan penggantian faskes tingkat 1 di JKN Mobile. Meskipun seharusnya cara pemindahan faskes BPJS online dapat dilakukan dengan praktis, terungkap beberapa alasan kendala tersebut.

1. Peserta BPJS Belum Melunasi Iuran

Salah satu kendala saat mengubah status keanggotaan peserta yaitu belum melunasi iuran. Peserta yang belum membayar iuran akun BPJS Kesehatannya akan dinonaktifkan. Hal ini berakibat beberapa pelayanan menjadi terbatas.

2. Masalah Teknis

Masalah teknis, seperti gangguan sistem JKN Mobile juga menjadi penyebab Anda tidak bisa melakukan perubahan faskes BPJS Kesehatan. Jika menghadapi masalah seperti ini, cara cepat yang bisa dilakukan yaitu mengurus melalui kantor cabang BPJS Kesehatan. Saat mengunjungi kantor BPJS harus membawa KTP, KK, kartu BPJS Kesehatan.

Berapa Kali Data Faskes 1 Dapat Diubah?

Klaim dari BPJS Kesehatan dapat dilakukan di faskes manapun asalkan tertulis di keanggotaan BPJS. Umumnya, lokasi fasilitas kesehatan berada di satu domisili tempat kerja atau tempat tinggal. Jika ingin pindah, maka pahami cara pemindahan faskes BPJS online. Namun, jika pindah domisili, maka akses fakes mau tidak mau harus diubah.

Sebaiknya memindahkan faskes sesuai domisili agar mendapatkan pengobatan lebih efektif. Lalu, apakah ada batasan berapa kali peserta BPJS Kesehatan berpindah faskes? Menurut Kepala Humas BPJS Kesehatan, tidak ada batasan untuk peserta memindahkan fasilitas kesehatan.

Perubahan faskes BPJS tingkat 1 dapat dilakukan paling cepat 3 bulan sejak terdaftar sebagai peserta FKTP. Jika berhasil dengan cara pemindahan faskes BPJS online pada bulan berjalan, maka peserta tetap dilayani di FKTP berikutnya. Meskipun penggantian fasilitas kesehatan bisa dilakukan tanpa batasan, namun penting mencermati pemilihan faskes baru.

Jangan memilih faskes sembarangan karena membuka kesempatan terjadi masalah di kemudian hari. Beberapa fasilitas kesehatan memiliki kelengkapan peralatan yang berbeda. Tentu hal ini harus menjadi pertimbangan pertama saat Anda memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Pertimbangkan memilih fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas dasar untuk menunjang pemeriksaan, seperti:

  • Pemeriksaan lengkap
  • Laboratorium lengkap
  • Radiologi
  • IGD
  • Fasilitas penunjang lainnya

Jika faskes terdekat tidak menyediakan layanan atau fasilitas lengkap, maka pastikan memilih yang terbaik. Ketika memilih fasilitas yang memadai, maka tidak perlu mendapatkan rujukan. Hal ini akan lebih menghemat waktu saat berobat.

Cara pemindahan faskes BPJS online akan membantu pengguna yang harus pindah tempat kerja. Tidak ada batasan saat memindah faskes BPJS, namun untuk mendapatkan pelayanan prima sebaiknya memilih FKTP dengan teliti. Ketahui juga aturan pemindahan agar tetap mendapatkan pelayanan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.