Simak 10 Cara Screenshot di Laptop ASUS Paling Mudah Ini!

oleh -124 Dilihat
Cara screenshot di laptop ASUS

Laptop ASUS merupakan salah satu merupakan salah satu produk yang cukup populer di kalangan pengguna internet tanah air. Tidak heran kalau banyak yang mencari cara screenshot di laptop ASUS dengan mudah dan praktis.

Pilih Aplikasi Atau Tanpa Aplikasi untuk Screenshoot di Laptop ASUS

Pengguna ASUS dapat memilih banyak metode yang sesuai dengan versi perangkat dan kebutuhan. Kebanyakan lebih menyukai cara screenshot di laptop ASUS dengan keyboard, karena merasa lebih mudah.

Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop ASUS yang layak Anda coba:

Snipping Tool

Cara ini merupakan solusi paling praktis untuk membuat screenshot di laptop ASUS. Langkahnya juga mudah dan sederhana, menggunakan fitur snipping tool yang sudah ada sebagai bawaan laptop. Pengguna hanya perlu membuka layar yang ingin discreenshot terlebih dahulu.

Setelah posisi tampilan pada layar sudah sesuai, lanjutkan dengan tekan tombol Start Windows, Shift, dan S.  Setelah itu, fitur snipping tool akan tampil pada layar, Anda tinggal memilih opsi tangkapan layar yang ada.

Pada umumnya, terdapat empat opsi yang ada pada fitur snipping tool ini, Anda tinggal menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

  • Rectangular Snip: opsi ini fungsinya untuk mengambil screenshot dalam bentuk persegi panjang. 
  • Free-form Snip: Opsi ini fungsinya adalah untuk membuat tampilan layar laptop ASUS dengan bentuk yang Anda butuhkan.
  • Windows Snip: Opsi ini mempunyai fungsi untuk mengambil screenshot dari jendela yang sedang aktif saat ini.
  • Full-screen Snip: Opsi ini berfungsi untuk menangkap gambar dari seluruh tampilan pada layar laptop.

Anda dapat memilih salah satu dari antaranya dan menyimpan hasilnya dengan menekan tombol save snip. Tunggu proses penyimpanan selesai dan hasilnya sudah tersimpan dalam laptop, biasanya pada bagian penyimpanan download.

Windows + PrtSc

Cara screenshot di laptop ASUS yang juga sangat populer di kalangan pengguna adalah memanfaatkan tombol Windows + PrtSc. Anda hanya perlu mengkombinasikan dua tombol dengan cara menekannya dan langsung mendapatkan hasil tangkapan layar.

Selain praktis, langkah ini juga mudah untuk pemula yang belum terbiasa dan sedang terburu-buru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama Anda harus menekan tombol Windows dan PrtSc secara bersama-sama dengan tepat. Jika layar laptop sudah berkerjap, maka tangkapan layar telah berhasil tersimpan secara otomatis.

Periksa pada bagian penyimpanan dan Anda tinggal menyusunnya dalam folder agar mudah ditemukan. Langkah ini merupakan cara screenshot di ASUS windows 10 yang tidak perlu repot menyimpan ulang hasil screenshotnya.

Langkah yang simpel merupakan cara untuk seri Windows yang lainnya, bukan hanya versi 10 saja. Tidak heran kalau selain dengan snipping tool. Cara ini juga solusi favorit banyak pengguna untuk menyimpan tangkapan layar.

Alt + PrtSc

Anda juga dapat mencoba cara screenshot di laptop ASUS dengan menggunakan dua tombol, yaitu Alt + PrtSc. Langkahnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama Anda dapat menekan tombol Alt + PrtSc bersamaan agar dapat menangkap layar jendela laptop yang telah terbuka.
  • Cara ini tidak membuat hasil screenshot otomatis tersimpan pada folder laptop, namun akan terdokumentasikan sementara pada clipboard.
  • Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi penyunting gambar seperti Paint atau Photoshop.
  • Anda dapat menyalin hasil tangkapan layar dengan cara menekan Ctrl + V terlebih dahulu.
  • Lanjutkan dengan menyunting gambar setelah hasil tangkapan layar tampil pada paint atau Photoshop.
  • Setelah itu edit dan simpan hasil gambarnya dengan menekan Ctrl + S sebagai langkah terakhir.                           

PrtSc

Cara screenshot di laptop ASUS simple lainnya adalah memanfaatkan tombol PrtSc, karena hanya butuh satu tombol saja. Meskipun demikian tetap membutuhkan bantuan aplikasi pengubah gambar atau teks untuk membantu prosesnya.

  • Pertama Anda dapat menekan tombol PrtSc yang terdapat pada keyboard sampai mendapatklan gambar seluruh layar.
  • Lanjutkan dengan memperbaiki hasil dari screenshot pada clipboard, yang merupakan tempat penyimpanan data sementara.
  • Lanjutkan dengan menyalin dan menyimpan hasil screenshot ke folder lain dengan cara langsung menampilkan hasil screenshot pada clipboard ke dokumen.

Windows + H

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa tombol Windows + H dapat berfungsi untuk membagikan screenshot secara langsung. Anda hanya perlu menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan tunggu sampai muncul perintah dari jendela yang aktif. 

Biasanya ketika proses ini berlangsung, akan muncul jendela share pada bagian kanan layar laptop. Melalui jendela tersebut, Anda dapat memberikan hasil tangkapan layar secara langsung ke beberapa platform tanpa u melalui proses penyimpanan.

Windows + PrtSc

Ada banyak kombinasi keyboard yang berguna sebagai cara screenshot di laptop dengan mudah. Salah satunya adalah kombinasi Windows + PrtSc yang harus ditekan secara bersamaan. 

Setelah itu gunakan bantuan kursor untuk mengambil bagian layar yang hendak di-screenshot. Lanjutkan dengan menyimpan hasilnya pada penyimpanan laptop sampai selesai.

Snagit

Snagit adalah cara screenshot di laptop ASUS dengan hasil tangkapan dalam bentuk video.  Meskipun demikian juga dapat menyimpan hasil tangkapan layarnya dalam bentuk gambar. Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Langkah untuk menggunakan trik ini cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih tombol capture dan layar yang ingin di screenshot. Klik tombol kamera, dan perbaiki hasil screenshot, dan simpan gambar ke dalam file atau langsung bagikan ke tujuan..

GreenShot

Aplikasi ini juga merupakan cara screenshot di laptop ASUS yang mudah dan praktis. Untuk menggunakannya, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu dan menginstalnya sampai sempurna. Kemudian itu Anda dapat melanjutkannya dengan mengklik ikon capture/screenshot.

Setelah langkah tersebut selesai maka Anda harus memilih salah satu dari beberapa opsi screenshot yang ada. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, lalu simpan hasilnya pada penyimpanan laptop.

ShareX

Selanjutnya ada aplikasi ShareX yang juga dapat digunakan untuk melakukan screenshot layar dengan mudah. Aplikasi ini juga populer dengan fiturnya yang lebih unggul daripada aplikasi lainnya. Cara penggunaannya juga cukup mudah.

Pertama Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu ke dalam laptop yang digunakan. Setelah itu buka dan klik menu capture atau screenshot, dan lanjutkan dengan menentukan bagian layar yang Anda butuhkan dan simpan dalam folder.

PhotoScape

Cara screenshot di laptop ASUS yang tidak kalah recommended adalah menggunakan aplikasi Photoscape. Meskipun lebih populer sebagai aplikasi edit foto, rupanya PhotoScape juga dapat berfungsi sebagai alat untuk menangkap layar.

Langkah menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi setelah mengunduh dan menginstalnya sampai selesai. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik ikon screen capture dan simpan hasilnya langsung.

Demikianlah beberapa cara screenshot di laptop ASUS yang dapat Anda coba saat membutuhkan. Tidak ada yang sulit, Anda dapat memilih cara yang paling mudah untuk menyimpan gambar dengan cepat dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.