Cara Mengembalikan Email yg Terhapus di Gmail: Panduan Lengkap

oleh -172 Dilihat
cara mengembalikan email yg terhapus

Bagaimana cara mengembalikan email yg terhapus? Apalagi, e-mail telah menjadi aspek yang vital dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengingat, itu merupakan saluran komunikasi utama yang biasa orang gunakan untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan mitra bisnis. 

Selain itu, email berperan penting dalam berbagai kegiatan seperti melamar pekerjaan, melakukan transaksi keuangan, dan menerima informasi yang krusial. Dengan demikian, sangatlah penting untuk memiliki akun e-mail dan melacak informasi yang ada di dalamnya, baik untuk kepentingan dokumentasi maupun hal lainnya.

Kenapa Harus Tahu Cara Mengembalikan Email Yg Terhapus?

Percayalah, ada masanya kehilangan email dapat menimbulkan masalah serius. Pesan yang terhapus mungkin berisi informasi penting seperti dokumen vital, gambar, atau rincian kontak yang sangat Anda butuhkan. Selain itu, kehilangan email juga dapat mengganggu alur komunikasi dan menyebabkan hilangnya data yang berharga, seperti hal-hal berikut ini.

  • kehilangan informasi penting lainnya seperti kode verifikasi, tiket perjalanan, dan sebagainya.
  • Kode aktivasi untuk beberapa akun dan juga aplikasi penting yang biasa Anda pakai. Seperti media sosial dan lainnya.
  • Jika terhubung dengan aplikasi perbank-an, maka sangatlah krusial dan bisa menimbulkan keresahan yang penting. 

Dengan demikian, mengetahui cara mengembalikan email yang terhapus merupakan hal yang penting karena dapat membantu menghindari masalah besar jika email Anda hilang.

Cara Mengembalikan Email Yg Terhapus Dari Sampah

Meski tidak sengaja, hal ini menimbulkan kepanikan ya? Akan tetapi, jangan khawatir. Sebab, saat Anda menghapus email di Gmail, email tersebut tidak secara langsung dihapus secara permanen. Sebaliknya, email yang dihapus akan disimpan dalam folder Sampah selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen. Adapun cara mengembalikan email yg terhapus ialah sebagai berikut.  

  • Buka aplikasi Gmail di komputer atau perangkat seluler Anda.
  • Di panel sisi kiri, cari dan klik opsi “Sampah”.
  • Pilih email yang ingin Anda pulihkan. Anda dapat memilih beberapa email dengan menekan tombol Ctrl (untuk Windows) atau Command (untuk Mac) sambil mengklik email yang diinginkan.
  • Klik opsi “Pindahkan ke”.
  • Pilih folder tujuan di mana Anda ingin memindahkan email tersebut. Anda memiliki opsi untuk memindahkan email kembali ke kotak masuk, folder spam, atau ke folder khusus yang Anda buat.

Penting untuk Anda ketahui. Yakni, Anda bisa loh menggunakan alat pencarian di dalam folder Sampah untuk menemukan email yang ingin Anda pulihkan. Atau, cukup tandai kotak centang di atas daftar email untuk mengembalikan semua email dalam folder tersebut. 

Selain itu, dalam cara mengembalikan email yg terhapus Anda juga memiliki opsi untuk mengklik kanan pada email yang ingin Anda pulihkan.Yakni dnegan memilih opsi “Pindahkan ke” untuk memindahkannya ke folder lain.

Bahkan, jika ada beberapa situasi di mana Anda mungkin membutuhkan fitur ini. Seperti ketika Anda secara tidak sengaja menghapus email yang penting, atau saat Anda ingin mengakses kembali email lama untuk mencari informasi tertentu. Bahkan ketika Anda ingin memulihkan email yang telah dihapus oleh orang lain. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan email yang terhapus dari folder Sampah. Akan tetapi, penting untuk Anda catat bahwa email yang telah dihapus dari folder Sampah tidak dapat Anda pulihkan setelah melewati batas waktu 30 hari. Jadi, ikhlaskan jika sudah lewat 30 hari. 

Cara Mengembalikan Email Yg Terhapus Dari Spam

Adapun langkah-langkah untuk mengembalikan email yang masuk ke folder Spam bisa Anda ikuti dari tutorial di bawah ni. Sebab di Gmail telah menyediakannya, ini  lantaran email yang dianggap tidak diinginkan akan secara otomatis diarahkan ke folder Spam. Jadi, masih bisa Anda selamatkan dengan cara berikut ini. 

  • Buka Gmail melalui komputer atau aplikasi di ponsel Anda.
  • Klik Spam pada panel sebelah kiri.
  • Pilih email yang ingin Anda kembalikan. Di sini, Anda dapat memilih beberapa email sekaligus dengan menekan tombol ‘Ctrl (pada Windows)’ atau ‘Command (pada Mac)’ sambil mengklik email.
  • Setelah itu, gulir ke ‘Bukan spam’.

Tentu saja Anda dapat menggunakan kotak pencarian di folder Spam jika ingin mencari email tertentu. Selain itu, Anda bisa mengklik kanan pada email dan memilih Bukan spam agar email tersebut tidak dianggap sebagai spam.

Contohnya, email dari pengirim yang dikenal terdeteksi sebagai spam, atau email penting dari teman atau kolega, yang perlu dikembalikan. Anda dapat mengembalikan semua email di Spam dengan mengklik kotak centang di atas daftar email.

Perlu Anda ingat, email yang terhapus dari Spam tidak dapat Anda kembalikan setelah 30 hari. Jika Anda tidak bisa menemukan email yang terhapus dari folder Spam, kemungkinan besar email tersebut telah terhapus secara permanen.

Adapun tips untuk mencegah email masuk ke folder Spam antara lain adalah menambahkan pengirim ke daftar kontak. Lalu, menggunakan filter di Gmail, dan melaporkan email spam dari pengirim yang tidak Gmail kenali.

Cara Mengembalikan Email Yg Terhapus Permanen

Ketika sebuah email dihapus secara permanen, umumnya beranggapan bahwa email tersebut tidak dapat Anda pulihkan. Akan tetapi, terkadang ada situasi di mana Anda membutuhkan kembali email yang telah terhapus secara permanen. Berikut ini adalah dua kemungkinan cara untuk mencoba mengembalikan email yang telah terhapus secara permanen.

1. Cara Mengembalikan Email Yg Terhapus Dengan Hubungi Dukungan Google

Jika Anda menghapus email secara permanen dan ingin mencoba mengembalikannya, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi Dukungan Google. Sebab, mereka memiliki tim yang dapat membantu Anda dalam situasi seperti ini. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghubungi Dukungan Google:

  • Buka halaman Dukungan Google.
  • Pilih kategori yang sesuai dengan masalah Anda, seperti Akun Google atau Gmail.
  • Pilih opsi untuk menghubungi Dukungan Google, seperti melalui email atau obrolan langsung.
  • Jelaskan situasi Anda dengan jelas dan sertakan detail yang relevan, seperti waktu dan jenis email yang dihapus permanen.
  • Tunggu balasan dari Dukungan Google dan ikuti instruksi yang mereka berikan.

Perlu Anda ingat bahwa tidak ada jaminan bahwa Dukungan Google akan dapat mengembalikan email yang dihapus permanen, namun ini adalah langkah yang mungkin dapat membantu dalam cara mengembalikan email yg terhapus.

2. Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Selain menghubungi Dukungan Google, Anda juga dapat mencoba mengembalikan email yang terhapus permanen menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Perangkat lunak ini memiliki rancang khusus untuk memulihkan data yang telah terhapus secara permanen dari berbagai perangkat penyimpanan. 

Baik itu termasuk hard drive dan media digital lainnya. Oleh karena itum ikuti langkah-langkah berikut ini adalah beberapa perangkat lunak dalam cara mengembalikan email yg terhapus yang dapat Anda gunakan.

  • Recuva – Perangkat lunak yang mudah digunakan dan efektif untuk memulihkan email yang terhapus permanen dari komputer atau perangkat penyimpanan eksternal.
  • Stellar Data Recovery – Sofware yang andal dan berkualitas tinggi yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan email yang terhapus saecara permanen dari berbagai perangkat penyimpanan.
  • EaseUS Data Recovery Wizard – Ini bisa melakukan pemulihan data yang kuat dan komprehensif, yang dapat membantu Anda memulihkan email yang hilang atau terhapus secara permanen.

Penting untuk diingat bahwa keberhasilan pemulihan email yang terhapus permanen dengan perangkat lunak ini tidak dapat 100% berhasil. Namun, mereka memberikan Anda kesempatan tambahan untuk mencoba mengembalikan email yang telah terhapus pada tingkat yang lebih lanjut.

Jadi, demikianlah beberapa cara mengembalikan email yg terhapus. Baik secara internal by Google atau pakai pihak ketiga. Apapun caranya, Anda masih punya kesempatan untuk memulihkannya, jadi jangan putus asa. Hanya saja, agar hal yang sama tidak terulang lagi, ada baiknya Anda memiliki pencadangan pada akun lain atau secara berkala memulihkan sandinya. Sehingga, tidak terentas oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Selamat mencoba, semoga bisa terpulihkan kembali! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.