10 Cara Menghilangkan Bau Pete Dimulut

oleh -91 Dilihat
cara menghilangkan bau pete dimulut

Pete merupakan pelengkap ketika menikmati berbagai sajian makanan tradisional sehingga lebih mantap. Namun, Anda harus mengetahui cara menghilangkan bau pete dimulut agar lebih bebas menyantap pete tanpa khawatir bau tidak sedap setelah menyantapnya.

Mengonsumsi pete tidak hanya menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, tetapi juga bisa membuat air seni menjadi bau. Tentu saja, hal tersebut dapat mengganggu orang lain yang tidak menyukai pete terlebih baunya yang menyengat.

Terlebih bau pete tersebut juga berisiko mengganggu indera penciuman orang lain hingga membuat kurang nyaman. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui langkah-langkah untuk menghilangkan bau pete yang tidak sedang melalui artikel di bawah ini.

10 Cara Menghilangkan Bau Pete Dimulut

Bagaimana cara menghilangkan bau pete dimulut? Sebagai salah satu jenis lalapan, pete sangat difavoritkan sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan. Akan tetapi, setelah menyantap pete bisa membuat bau mulut dan air seni tidak sedap.

Tidak heran jika sebagian orang merasa khawatir bau mulut tidak sedap apabila terlalu banyak mengonsumsi pete. Untuk mengatasi kekhawatiran bau pete yang menyengat setelah menyantapnya, Anda bisa menghilangkan bau tersebut dengan cara berikut:

1. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Apakah manfaat pete bagi tubuh manusia? Pete sangat baik untuk kesehatan jantung, memperbaiki sistem pencernaan, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika banyak orang suka makan pete sebagai pelengkap berbagai sajian makanan termasuk campuran sambal.

Akan tetapi, bau pete yang menyengat di mulut dan air seni tentu bisa mengganggu kenyamanan indera penciuman orang lain. Maka dari itu, Anda harus segera menghilangkan bau pete dengan mengonsumsi air putih secukupnya. 

2. Sikat Gigi secara Rutin dan Benar

Cara menghilangkan bau pete dimulut sebenarnya mudah, namun belum banyak orang mengetahuinya bahkan lebih memilih membiarkan bau tersebut. Meskipun pete sangat baik bagi kesehatan, namun mengonsumsi pete bisa membuat mulut dan air seni menjadi bau tidak sedap.

Oleh karena itu, Anda harus segera menghilangkan bau pete setelah menyantapnya dengan menggosok gigi secara benar dan rutin. Menggosok gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa pete serta mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

3. Lakukan Flossing

Menggosok gigi bisa membantu dalam membersihkan sisa pete, akan tetapi Anda tetap harus melakukan flossing. Flossing bisa membuat gigi menjadi lebih bersih secara menyeluruh hingga ke sela-sela.

Caranya menghilangkan bau pete dimulut dengan flossing tergolong mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Anda bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela yang sulit terjangkau oleh bulu sikat gigi 

4. Bersihkan Lidah

Membersihkan gigi memang efektif untuk menghilangkan bau pete pada mulut, namun harus secara benar. Jika Anda membersihkan secara asal-asalan tentu bau mulut setelah makan petai akan sulit hilang dan bisa membuat tidak percaya diri.

Selain membersihkan gigi secara menyeluruh, Anda juga perlu membersihkan lidah menggunakan sikat lidah. Pasalnya, bakteri juga kerap menempel dan berkembang biak pada lidah hingga menyebabkan bau mulut.

5. Gunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur antibakteri termasuk cara menghilangkan bau pete dimulut secara efektif. Pasalnya, pete memiliki aroma yang kuat sehingga bisa membuat bau mulut dan bau air seni tidak sedap.

Setelah menggosok gigi secara menyeluruh hingga sela dan membersihkan lidah, langkah selanjutnya dengan berkumur menggunakan obat kumur. Obat kumur antibakteri berkhasiat membunuh bakteri penyebab bau mulut secara lebih efektif.

6. Konsumsi Kopi Hitam

Ada banyak tips menghilangkan bau pete di mulut secara alami dan mudah sehingga tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi pete. Anda bisa merasakan berbagai manfaat dengan mengonsumsi pete secara rutin tanpa takut bau mulut tidak sedap.

Cara menghilangkan bau pete di mulut bisa dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa diseduh atau langsung dikunyah. Seduh kopi hitam dengan secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

7. Kunyah Permen Karet tanpa Gula

Cara menghilangkan bau pete dimulut berikutnya bisa juga menggunakan permen karet, pastinya banyak orang menyukai permen kenyal ini. Ternyata permen karet cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut terutama bau pete yang kuat.

Pasalnya, permen karet dapat merangsang produksi air liur sehingga lebih banyak agar dapat membersihkan sisa makanan. Untuk menghindari efek negatif terhadap kesehatan, maka Anda harus memilih permen karet tanpa gula.

8. Konsumsi Stroberi

Menjadikan pete sebagai pelengkap ketika menikmati sajian makanan tentu sangat nikmat dan berkhasiat baik bagi kesehatan. Akan tetapi, pete memiliki ciri khas pada aromanya yang kuat dan sulit dihilangkan setelah menyantapnya.

Meskipun demikian, ada beberapa cara menghilangkan bau pete dimulut dengan mudah serta alami sehingga aman. Caranya bisa dengan mengonsumsi stroberi yang kaya akan Vitamin C dan mampu menetralisir bau pete di mulut.

9. Kunyah Kencur

Anda juga bisa menggunakan bahan seadanya untuk menghilangkan bau pete di mulut secara alami agar lebih mudah. Salah satunya menggunakan rempah di dapur, seperti kencur yang terkenal memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. 

Biasanya kencur digunakan untuk obat sakit batu serta menjernihkan suara, selain itu kencur juga bisa menetralisir aroma pete di mulut. Pasalnya, kencur mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk membunuh bakteri.

10. Minum Jus Peterseli

Berapa lama bau pete akan hilang? Aroma pete bisa hilang setelah 10-15 menit setelah menyantapnya atau bahkan bisa juga lebih lama. Hal tersebut tergantung dari banyaknya jumlah pete yang sudah Anda konsumsi.

Semakin banyak pete yang dikonsumsi, maka semakin lama pula aroma pete menempel pada mulut hingga membuat air seni bau pete. Untuk menghilangkan bau tersebut, sebenarnya Anda bisa dengan mengonsumsi jus peterseli yang tinggi akan kandungan zat klorofil.

Bahkan kandungan zat klorofil pada sayuran hijau satu ini lebih tinggi dari jenis sayuran hijau lainnya. Tidak heran jika jus peterseli ini mampu menetralisir aroma pete yang sudah Anda santap mulai dari mulut hingga air seni.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan bau pete dimulut dengan mudah dan cepat setelah menyantapnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi pete yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.