Singkat! 3 Cara Ubah Password Gmail Sesuai Perangkat Ini!

oleh -119 Dilihat
cara ubah password Gmail

Untuk melindungi keamanan akun Anda, sebaiknya pasword diperbaharui secara berkala. Tindakan ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menggunakan salah satu cara ubah password Gmail yang paling mudah sesuai perangkat yang digunakan.

3 Cara Ubah Password Gmail pada Perangkat Berbeda

Mengganti password Gmail secara berkala memang tidak menjamin keamanan akun Anda. Meskipun demikian, setidaknya password menjadi tidak mudah ditebak oleh hackers yang berusaha membukanya. Beberapa metode yang dapat Anda ikuti sesuai dengan perangkat adalah sebagai berikut:

1. Cara Ganti Password di iPhone

Apabila Anda menggunakan iPad atau iPhone, maka untuk mengubah password Gmailnya harus masuk terlebih dahulu ke menu info pribadi. Menu ini berbeda dengan yang terdapat pada handphone yang menggunakan OS Android. Cara untuk menggantinya dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Gmail.
  • Lanjutkan dengan mengklik foto profil.
  • Kemudian buka Akun Google.
  • Klik Info Pribadi yang terletak pada bagian atas layar.
  • Klik Sandi yang berada di bagian Info Dasar.
  • Kemudian masukkan kata sandi baru yang lebih rumit dan susah ditebak.
  • Setelah itu klik Ubah Sandi.

Jika Anda belum mempunyai aplikasi Gmail dan belum pernah login maka Anda dapat menggunakan situs https://myaccount.google.com/. Cara ubah password gmail yang satu ini membutuhkan dukungan dari aplikasi browser karena menggunakan bantuan situs web.

Setelah berhasil mengunjungi situs ini, Anda dapat langsung masuk ke menu keamanan yang terletak pada bagian atas layar. Kemudian pilih menu “Cara Anda Login ke Google”, dan lanjutkan dengan klik Sandi.

Tuliskan password yang digunakan terakhir, kemudian klik lanjutkan dan tuliskan password yang baru. Bagaimana jika ternyata lupa dengan password yang terakhir? Solusinya adalah menggunakan menu lupa kata sandi agar dapat membukanya.

2. Cara Ubah Password di HP Android

Sebagaimana yang dibahas di atas, cara ubah password Gmail di Android ini Tidak sama dengan OS iOS. Pada perangkat Android, akun yang paling vital untuk digunakan adalah akun Google. Pada dasarnya agar dapat mengoperasikan perangkat android maka harus memasukkan akun Google terlebih dahulu.

Jika pada perangkat sudah terpasang akun Google maka semua aplikasi Google yang digunakan akan login secara otomatis dengan akun tersebut. Demikian juga dengan aplikasi Gmail yang otomatis terpasang sebagai bawaan.

Selain login aplikasi, cara untuk mengganti password Gmail juga diatur pada pengaturan pusat Google. Hal yang tidak akan dapat ditemukan pada perangkat iPhone, dimana untuk mengaturnya harus dilakukan pada masing-masing aplikasi Google.

Cara untuk mengubah password Gmail dengan menggunakan perangkat Android adalah sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus mem Setelah itu masuk ke menu Google.
  • Lanjutkan dengan mengklik “Kelola Akun Google”.
  • Pilih keamanan di bagian atas layar.
  • Temukan menu “Cara Anda Login ke Google”.
  • Kemudian Anda dapat mengklik Sandi. Apabila belum dapat login, lakukan login terlebih dahulu.
  • Setelah itu masukkan Anda yang password baru.
  • Akhiri dengan klik Ubah Kata Sandi.

3. Cara Ubah Password Gmail di Laptop

Dibandingkan dengan menggunakan perangkat handphone, sebenarnya lebih nyaman menggunakan Laptop. Jika Anda ingin mengakses Gmail tidak membutuhkan bantuan aplikasi ataupun pengaturan handphone.

Anda dapat langsung mengakses platform e-mail besutan Google ini melalui aplikasi browser. Dengan demikian Anda dapat melakukan perubahan dengan membuka situs web Gmail tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi browser di laptop.
  • Setelah login, buka Gmail melalui mail.google.com.
  • Kemudian itu klik foto profil.
  • Lanjutkan dengan mengklik “Kelola Akun Google”
  • Setelah itu klik keamanan di bagian kiri layar.
  • Temukan “Cara Anda Login ke Google”.
  • Untuk memasukkan password baru klik Sandi dan tuliskan di kolom yang tersedia.
  • Akhiri dengan memilih Ubah Kata Sandi.

Setelah langkah tersebut selesai maka kata sandi atau password Gmail Anda sudah selesai diperbaharui. Jangan sampai lupa login dengan password yang lama agar tidak gagal masuk.

Trik Membuat Password Gmail Baru yang Aman

Setelah mempelajari cara ubah password Gmail dengan berbagai perangkat yang mudah. Anda juga harus tahu trik membuat password Gmail baru yang aman dari retasan para hacker. Smak tips untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak berikut ini:

1. Password Panjang

Usahakan menyusun password baru untuk akun Gmail yang panjang. Paling tidak sebanyak  6 angka atau lebih panjang lagi demi keamanan ekstra.

2. Kata yang sulit ditebak

Ketika menyusun password baru, sebaiknya pilih gabungan kata yang sulit ditebak orang terdekat maupun orang asing. Kombinasikan huruf kapital, huruf kecil, simbol dan angka sehingga lebih rumit. Jangan menggunakan kata yang mudah ditemukan di kamus seperti kesepian senja, kesedihan 12 dan lain sebagainya.

3. Hindari Elemen Informasi Personal

Hindari menggunakan elemen informasi personal yang mudah ditebak seperti alamat, tanggal lahir, username dsb. Karena informasi ini mudah diakses publik sehingga mudah ditebak orang lain yang penasaran dengan akun Anda.

4. Password Berbeda

Sebaiknya tidak menggunakan password yang sama untuk setiap akun yang berbeda. Jika seseorang menemukan kata sandi satu akun yang digunakan maka akun-akun Anda yang lain juga terancam.

5. Password Acak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa password acak merupakan yang paling kuat sehingga sulit diretas. Oleh karena itu usahakan untuk membuat password acak agar data pribadi Anda terlindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah tips terbaik bagi Anda, jangan pernah menggunakan ulang password yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Gunakan layanan tingkat keamanan 2 tahap agar akun dan data penting Anda lebih terlindungi.

Demikianlah berbagai cara ubah password Gmail dan tips membuat kata sandi yang kuat. Mengantisipasi dari awal tentunya lebih baik daripada mendapatkan masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.