Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Yuk Ikuti!

oleh -195 Dilihat
cara cek nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kini para pekerja bisa memiliki jaminan kesehatan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Setiap orang memiliki nomor pesertanya masing-masing. Namun, bagaimana jadinya jika Anda lupa dengan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut? Bagaimana cara cek nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Kehadiran program BPJS Ketenagakerjaan bertujuan sebagai perlindungan yang penting baik untuk pekerja maupun pegawai sebuah perusahaan guna memastikan kesejahteraannya di masa depan.

Sebagai bukti jika seseorang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ia akan memiliki kartu yang tercantum pula nomor unik. Nomor ini berbeda-beda pada setiap peserta. Jumlah nomornya sebanyak 16 digit dan semuanya berupa angka.

Nomor tersebut sangat penting dan sangat Anda perlukan di berbagai keperluan, misalnya untuk keperluan pembayaran iuran, untuk mengecek jumlah saldo JHT hingga untuk mengajukan klaim.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan jika suatu saat lupa nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Mengingat kegunaan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sangat penting, maka sudah semestinya untuk mengingat nomor tersebut dengan baik. Tetapi sebagai manusia biasa, kita tak luput dari sifat lupa. Apabila Anda lupa dengan nomor tersebut, berikut ini telah terangkum beberapa cara cek nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan.

1. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Whatsapp (WA)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengecek melalui whatsapp atau sering kita sebut sebagai WA. Tidak sulit untuk melakukannya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini?

  1. Pertama-tama Anda perlu menyimpan nomor WA Pandawa di ponsel. Nomor Pandawa yaitu 0811 9115 919 atau 0855 1500 910.
  2. Kirim pesan ke salah satu nomor tersebut dengan format; Cek(tanda pagar)NIK(tanda pagar)NAMA(tanda pagar)TANGGAL_LAHIR.

Contohnya: Cek#00123490123#SURATAN#08_08_1998

  1. Selanjutnya tunggu hingga admin Pandawa membalas pesan Anda yang berisi nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

2. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Call Center

Anda juga bisa mengecek melalui call center, langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di bawah ini:

  1. Persiapkan KTP Anda terlebih dahulu.
  2. Hubungi nomor call center dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu 175. Pastikan untuk menghubunginya pada jam kerja atau jam kantor.
  3. Ikuti alur sesuai dengan admin call center instruksikan.

3. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Cara ketiga yaitu melalui website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka browser lalu akses lama website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Login dengan alamat email yang telah terdaftar beserta passwordnya.
  3. Apabila Anda belum memiliki akun maka bisa klik bagian ”Buat Akun Baru” untuk membuat akun baru.
  4. Usai login selanjutnya klik bagian “Kartu Digital”, akan muncul tampilan tentang kartu digital Anda dan bisa menemukan nomor BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

4. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Selain melalui cara online, Anda juga dapat cek nomor peserta ini melalui SMS. Tetapi pastikan terlebih dahulu jika Anda memiliki saldo pulsa yang mencukupi untuk mengirim pesan SMS. Langkah-langkah cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS sebagai berikut:

  1. Kirimkan pesan ke nomor 0877 7777 7777 melalui SMS
  2. Format pesan yaitu DAFTAR#NIK#NAMA#TANGGAL_LAHIR
  3. Usai mengirim pesan, tunggu hingga menerima balasan. Isi balasan berupa ID BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  4. Kemudian balas pesan tersebut dengan format pesan CEK#ID_PELANGGAN
  5. Anda tinggal menunggu saja balasan pesan yang nantinya berisi nomor peserta Anda.

5. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi

Ada satu aplikasi yang bisa membantu kita untuk mengetahui kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan apabila sedang membutuhkannya. Aplikasi tersebut bernama JMO. Langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Download dan instal aplikasi JMO di ponsel Anda.
  2. Masuk ke akun dengan mencantumkan email dan juga password.
  3. Klik menu “Profil Saya” yang terdapat di halaman utama.
  4. Lalu klik pada menu “Kartu Digital Anda”
  5. Selanjutnya pada kartu digital tersebut akan tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan jelas.

6. Cara Cek Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan Melalui Facebook dan Twitter

Cara yang terakhir ini sangatlah mudah dan kini sudah mulai banyak digunakan oleh berbagai layanan lainnya yaitu melalui sosial media. Anda bisa mengecek nomor peserta BPJS di Facebook maupun di Twitter. Caranya bisa Anda lakukan seperti di bawah ini:

  1. Pastikan Anda memiliki akun media sosial baik facebook atau twitter.
  2. Masuk atau login pada akun Anda.
  3. Jika di Twitter, tuliskan @BPJSTKinfo pada kolom pencarian untuk menemukan akun tersebut.
  4. Jika sudah ketemu, bisa Anda kirimkan pesan ke DM (Direct Message) dengan format yang telah tersedia guna mengetahui kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  5. Tunggu balasan dari admin.

Apa Saja Manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Bagi pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan banyak manfaat yang sangat penting.  Berbagai manfaat berikut ini bisa Anda dapatkan apabila tergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

1.      Perlindungan Dari Risiko Kecelakaan Kerja

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko kecelakaan kerja tersendiri. Maka dari itu jaminan akan perlindungan risiko kecelakaan yang mungkin terjadi yang berhubungan dengan kerja dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Jaminan ini juga mengcover kecelakaan kerja yang terjadi ketika dalam perjalanan ke tempat kerja ataupun sebaliknya. Bahkan ketika perjalanan dinas.

2.      Jaminan Hari Tua

Jaminan untuk hari tua juga bisa Anda dapatkan, sebagai bentuk perlindungan sosial ekonomi untuk jangka panjang.

3.      Jaminan Pensiun

BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan jaminan pensiun kepada pesertanya guna mempersiapkan masa pensiun Anda dengan lebih baik.

4.      Jaminan Kematian

Ketika pekerja meninggal, maka akan mendapat jaminan kematian untuk perlindungan kepada keluarga peserta BPJS Ketenagakerjaan ketika berada dalam situasi yang tak diinginkan.

5.      Jaminan Kesehatan

Walaupun berbeda dengan BPJS Kesehatan, program BPJS Ketenagakerjaan ini juga memberikan manfaat jaminan kesehatan kepada pesertanya.

6.      Perlindungan Sosial Ekonomi

Pekerja bisa mendapatkan perlindungan sosial ekonomi, termasuk perlindungan pekerja atas risiko kecelakaan saat bekerja, santunan tunai untuk kecacatan maupun kematian, memberikan beasiswa bagi anak, dana pensiun serta tabungan untuk hari tua.

7.      Bantuan bagi Pekerja yang Terkena PHK

Pekerja yang terdampak PHK maupun yang belum mendapat pekerjaan bisa mendapatkan bantuan uang tunai. Terdapat informasi berbagai lowongan pekerjaan hingga terdapat pelatihan kerja bagi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Sekarang Anda sudah tahu tentang bagaimana cara cek nomor peserta BPJD Ketenagakerjaan jika suatu saat kelupaan. Ternyata tidak sulit kan! Jadi kini Anda tidak perlu khawatir lagi ketika lupa dengan nomor peserta Anda. Selain itu jangan lupa untuk membayar iuran dengan tepat waktu agar Anda bisa merasakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.