14 Cara Menghapal Al Quran dengan Cepat, Mudah dan Paling Efektif

oleh -163 Dilihat
Cara menghapal Al Quran

Salah satu amalan yang ingin dicapai umat Islam adalah mampu menghafal al Quran. Cara menghapal Al Quran dengan cepat semakin diburu karena penghafal Al Quran akan mendapatkan kedudukan tinggi di hadapan Allah SWT. Selain itu, siapa yang menghafal Al Quran juga mendapatkan banyak pahala.

14 Cara Menghapal Al Quran dengan Cepat dan Praktis

Banyak keutamaan yang akan didapat ketika menjadi penghafal Al Quran, seperti mendapat derajat yang tinggi di surga. Keutamaan lainnya yaitu memberikan orang tua mahkota di surga dan tidak mendapat siksaan neraka. Namun, menghafal Al Quran bukanlah hal yang mudah. 

Ketika menghafalkan surat terkadang membutuhkan waktu banyak dan tidak bertahan lama untuk menghafalnya di luar kepala. Jika tidak pandai mengatur waktu, maka metode menghafal Al Quran apapun hanya akan menjadi angan-angan. Berbagai halangan yang hadir saat menghafal Al Quran bukan menjadi hanya tidak mungkin dilakukan. 

Berikut ini beberapa metode menghafal Alquran yang bisa Anda terapkan:

  1. Memperjelas Niat

Anda harus meluruskan niat untuk menghafal Al Quran apabila niatnya saja sudah salah, maka keinginan untuk menjadi Hafidz sangat fatal. Sebaiknya tidak meniatkan menghafal Al Quran untuk pamer atau bangga pada diri sendiri.

Lakukan hafalan dengan niat lurus dan tulus karena Allah. Melalui niat tersebut, maka rasa lelah, malas dan perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang saat menghafal Al Quran.

  1. Laksanakan Sholat Hajat

Cara menghapal Al Quran dengan cepat selanjutnya yaitu melaksanakan shalat hajat. Setelah Anda meluruskan niat, maka perkuat dengan shalat hajat. Tujuannya untuk memohon kepada Allah agar diberi kemudahan saat menghafal Alquran. Hakekatnya, pemilik Al Quran adalah Allah, maka Anda mohonkan kepada pemilikNya agar diberi kemudahan.

  1. Memperbaiki Bacaan

Cara cepat menghafal Alquran untuk orang dewasa selanjutnya yaitu dengan memperbaiki bacaan. Pastikan Anda mengecek kembali kualitas bacaan. Caranya dengan membiasakan diri memperbaiki bacaan Al Quran. Tujuannya memperbaiki bacaan agar hafalan Anda menjadi lebih sempurna dan pahala yang didapatkan semakin berlipat. 

Memperbaiki bacaan juga perlu dilakukan agar terhindar dari salah saat membaca dan membuat kekeliruan lain. Menghafal Al Quran merupakan keutamaan, namun harus dibarengi dengan cara dan bacaan yang baik dan benar.

  1. Membiasakan Memperdengarkan Al Quran

Cara menghafal Al Quran dengan cepat selanjutnya yaitu membiasakan diri dengan Al Quran seorang penghafal harus memperbanyak waktu berinteraksi dan berkutat dengan kitab suci Al Quran. Mulailah dengan mengetahui sejarah dan segala hal tentang Al Quran sehingga meningkatkan rasa kekaguman. 

Secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi proses penghafalan menjadi semakin cepat.

  1. Gunakan Satu Jenis Mushaf

Saat menghafalkan Al Quran pastikan Anda menggunakan satu mushaf yang sama, sebab akan mempermudah mengingat letak ayat yang dihafalkan. Cara menghafal Al quran dengan cepat ini terbukti efektif dan banyak dilakukan oleh penghafal Al Quran.

  1. Gunakan Metode Hafalan Paling Mudah

Menghafal Al Quran menggunakan metode 3T 1 M banyak digunakan karena merupakan metode paling mudah. Lakukan talqin sebagai metode pertama. Talqin dilakukan saat seorang ustadz membacakan Al Quran, kemudian diikuti murid-muridnya. Selain para murid membaca, ustadz juga akan mengoreksi jika terdapat bacaan yang salah atau disebut tasmi’.

Cara menghapal Al Quran dengan cepat selanjutnya yaitu tafahum. Metode ini dalam artian memahami bacaan Al Quran yang dihafalkan. Tentu tidak semua orang bisa melalui tahapan ini, maka dianjurkan mereka yang berusia remaja dan dewasa. 

Rumus menghafal Al Quran selanjutnya yaitu tikrar yang memiliki makna mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal. Berikut ini lima cara yang umum dilakukan pada metode tikrar, yaitu:

  • Membaca ayat pertama 10 hingga 10 kali hingga Anda menghafalnya.
  • Kemudian, baca ayat kedua 10 hingga 20 kali sampai hafal.
  • Sedangkan untuk ayat ketiga juga Anda baca 10 hingga 20 kali.
  • Baca ayat pertama hingga ketiga 10 hingga 20 kali. 

Cara menghafal Al Quran dengan cepat selanjutnya yaitu muraja’ah. Hal ini penting karena meletakkan hafalan lebih kuat di benak Anda. Selain itu, muraja’ah merupakan kenikmatan bagi hafidz karena banyak berinteraksi dengan Al Quran. 

  1. Mendengarkan Bacaan Qari

Membiasakan diri mendengarkan bacaan seorang qari dapat membantu saat menambah atau mengulang hafalan. Anda bisa mendengarkan bacaan Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan makharijul huruf yang tepat. Selain itu, Anda bisa membiasakan diri berhenti membaca di titik yang tepat.

Anda bebas memilih mendengarkan qari lainnya untuk memudahkan menghafal. Sebaiknya juga mendengarkan bacaan murattal bukan mujawwad. 

  1. Memasang Target Menghafal Al Quran

Alangkah baiknya memiliki jadwal hafalan. Ketika memiliki tujuan jelas, maka akan lebih mudah mendorong diri untuk terus menghafal. Cara menghapal Al Quran dengan cepat ini akan membantu saat Anda menemui kendala, misalnya ada hafalan yang susah dipahami. 

Jika sudah memiliki target tertentu, maka Anda bisa lebih semangat.

  1. Setor Hafalan kepada Guru yang Kompeten

Untuk menghindari kesalahan dalam membaca, sebaiknya mintalah orang lain mendengarkan kalimat yang Anda hafalkan. Tujuannya agar orang tersebut bisa mengoreksi bagian mana saja yang salah dan membetulkannya. Mempercayakan ingatan kepada orang lain akan menambah semangat, sehingga hafalan lebih tekun.

  1. Berteman dengan Orang Sholeh

Selain mendisiplinkan diri, penting juga memilih teman yang mendukung bisa mencapai hafalan Al Quran. Berteman dengan orang sholeh adalah cara menghapal Al Quran dengan cepat. Anda perlu memperbanyak interaksi dan silaturahmi dengan para penghafal Al Quran. 

Jangan sampai proses menghafal Al Quran Anda terhenti karena disibukkan dengan lingkungan yang tidak mendukung proses tersebut.

  1. Bersabar Atas Ujian Saat Menghafal

Saat menghafal Al Quran membutuhkan banyak perjuangan serta pengorbanan. Ketika Anda memiliki niat dan komitmen, maka harus mencurahkan semua tenaga dan waktu untuk menghafal Al Quran. Kesabaran merupakan kunci dari segala kesulitan yang dihadapi dan akan memudahkan proses menghafal Al Quran.

  1. Istiqomah

Prinsip teguh menjaga hafalannya dalam kondisi dan situasi apapun menjadi hal utama. Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa konsistensi yang kuat. Demikian juga dengan hafalan yang kuat tidak bisa dicapai kecuali berusaha mengulang hafalan secara terus-menerus.

Istiqomah adalah cara menghapal Al Quran dengan cepat dengan muraja’ah dan manajemen waktu. 

  1. Jauhi Maksiat

Imam Syafi’i pernah mengeluh kepada gurunya karena susah untuk mengingat. Kemudian, sang guru memberi nasihat untuk menjauhi maksiat. Perilaku yang tidak bermoral akan mengotori cahaya ilmu. Selama ilmu jelas, maka Allah tidak akan memberi terang kepada orang yang akan berbuat jahat.

  1. Evaluasi Secara Rutin

Melakukan evaluasi secara rutin menjadi bagian penting dari hafalan Al Quran. Adanya evaluasi akan memudahkan Anda menilai apakah ada kemajuan. Tinjau bacaan pada surat mana yang terjadi banyak kesalahan.

Cara menghapal Al Quran dengan cepat akan lebih mudah jika membiasakan sejak usia dini. Ketika sudah dewasa, ciptakan lingkungan yang mendukung proses hafalan agar lebih mudah. Selain itu, tabah dan sabar dalam proses hafalan menjadi kunci sukses lainnya yang harus dipegang teguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.