Matkul Pendidikan Agama Islam dan Prospek Kerjanya

oleh -143 Dilihat
matkul pendidikan agama Islam

Mata Kuliah atau matkul pendidikan agama Islam, seringkali menjadi pertanyaan calon mahasiswa baru. Mengingat mata kuliah menjadi poin penting dalam lembaga perguruan tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika calon mahasiswa yang mencari mata kuliah dari jurusannya.

10 Matkul  Pendidikan Agama Islam

Selain mencari tahu tentang syarat masuk jurusan PAI, Anda juga harus mengetahui mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah. Tujuannya agar Anda bisa melakukan persiapan mulai sekarang. Berikut beberapa mata kuliah atau matkul jurusan PAI, yakni:

1. Sejarah Pendidikan Agama Islam

Pada saat mengambil jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan pelajaran seputar sejarah Islam. Sejarah agama Islam termasuk sejarah pemikiran ekonomi Islam biasanya memuat komponen-komponen pendidikan yang selama ini dilakukan oleh umat muslim.

2. Perencanaan Sistem PAI

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai maslahat yang terjadi dalam sistem pendidikan agama Islam. Bahkan, terdapat beberapa materi yang memuat cara-cara mengatasi permasalahan tersebut.  Dengan demikian, wawasan mahasiswa tidak hanya terfokus dalam satu materi.

3. Metode PAI

Bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai guru agama Islam, maka matkul ini tidak boleh terlewat. Sebab, matkul ini akan membahas tentang metode pengajaran yang biasa guru terapkan untuk menyampaikan materi kepada siswa ataupun mahasiswa.

4. Pengembangan Kurikulum

Matkul pendidikan agama Islam yang satu ini membahas tentang keterampilan dalam mengembangkan kurikulum. Mengingat keterampilan menjadi poin penting dalam menyampaikan materi kepada anak didik. Terutama saat Anda berprofesi sebagai guru.

5. Psikologi

Matkul ini tidak hanya berlaku bagi jurusan psikologi saja, sebab jurusan PAI juga memiliki matkul psikologi. Tujuannya agar mahasiswa bisa memahami psikologi dalam kegiatan belajar. Dengan demikian, psikologi bisa menjadi bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang handal dan profesional.

6. Sistem Evaluasi Pendidikan

Dalam lembaga pendidikan baik SD, SMP, hingga perguruan tinggi, evaluasi pendidikan menjadi poin yang penting. Sebab dengan evaluasi pendidikan, tenaga didik bisa mengetahui sejauh mana anak didik mengetahui materi yang telah dipelajari.

7. Masail Fiqhiyah 

Dalam fiqih Islam, terdapat beberapa problem. Oleh karena itu, mahasiswa nantinya akan mempelajari problem-problem dalam fiqih Islam secara khusus. Bahkan mahasiswa bisa mengatasi problem tersebut dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu.

8. Strategi Belajar Mengajar

Untuk mengajar siswa tentu memerlukan strategi yang khusus. Oleh karena itu, mahasiswa dari jurusan PAI memiliki matkul strategi belajar mengajar untuk mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan juga berpengalaman.

9. Filsafat Pendidikan Islam 

Selain mempelajari tentang strategi belajar mengajar, mahasiswa juga akan mempelajari filsafat pendidikan Islam. Dalam matkul ini, terdapat materi tentang aliran filsafat pendidikan dan juga teori pengembangan filsafat pendidikan.

10. Qira’atul Kutub 

Mata kuliah pendidikan agama Islam UIN sebenarnya hampir sama dengan matkul PAI di universitas lainnya. Sebab dalam jurusan PAI terdapat matkul Qira’atul Kutub . Matkul ini mempelajari tentang kitab-kitab dalam agama Islam. Mengingat kitab dalam agama Islam cukup beragam, sehingga penting untuk Anda pahami.

Prospek Kerja dari Jurusan Pendidikan Agama Islam

Selain mempelajari tentang matkul pendidikan agama Islam, Anda juga harus mengetahui prospek kerja dari jurusan ini. Tujuannya agar jurusan yang Anda ambil sesuai dengan cita-cita. Adapun prospek kerja dari jurusan pendidikan Agama Islam meliputi:

1. Guru atau Dosen

Saat ini, profesi menjadi guru dan dosen tengah memiliki peminat yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai guru, bisa mengambil jurusan PAI. Mengingat dalam jurusan ini terdapat matkul yang mempelajari tentang strategi belajar mengajar.

Untuk menjadi guru PAI, Anda harus mempersiapkannya sejak duduk di bangku kuliah. Hal ini bertujuan agar kedepannya cita-cita dapat berjalan sesuai dengan harapan. Mengingat saat ini sudah banyak lulusan yang sudah menjadi tenaga pendidik.

2. Pegawai Kementerian

Selain menjadi guru, Anda juga bisa menjadi pegawai kementerian. Namun, sebelum itu usahakan untuk mengikuti tes PNS ataupun ASN. Matkul pendidikan agama Islam juga mempelajari strategi khusus untuk menjadi pegawai kementerian.

Pegawai kementerian agama, memang terlihat menggiurkan. Namun, untuk mendapatkan profesi ini memerlukan perjuangan yang besar. Menguat banyak lulusan terbaik yang turut bersaing untuk bisa bekerja di kementerian agama.

3. Penulis Buku Agama Islam

Apakah jurusan PAI susah, seringkali menjadi pertanyaan calon mahasiswa. Mengingat, lulusan dari jurusan PAI bisa menjadi penulis buku agama Islam. Namun untuk menjadi penulis buku agama, Anda harus mengikuti matkul pendidikan agama Islam dengan baik.

Untuk menjadi penulis memang memerlukan wawasan yang luas. Terlebih jika karya yang Anda buat memuat informasi tentang keilmuan. Oleh karena itu, tidak heran jika pendapatan penulis relatif besar. Terlebih sudah banyak media sosial yang bisa penulis gunakan untuk mempromosikan karya tulisnya..

4. Guru Mengaji

Mungkin profesi ini seringkali diremehkan oleh sebagian orang. Padahal sudah banyak kemajuan teknologi, yang bisa Anda manfaatkan untuk menyebarkan agama sambil bekerja. Profesi ini memang akan memberikan 2 keuntungan, baik saat di dunia ataupun akhirat 

Saat ini, Anda bisa mempromosikan jasa guru mengaji melalui berbagai media. Dengan cara ini, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Hal inilah yang membuat beberapa lulusan jurusan PAI memutuskan untuk menjadi guru ngaji.

Beberapa prospek kerja tersebut memang terbilang menguntungkan. Namun, sebelum itu usahakan untuk mengikuti matkul pendidikan agama Islam dengan baik. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempersiapkan diri, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia kerja atau memulai usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.