Wajib Anda Ketahui! 4 Bulan Baik untuk Menikah 2024 Menurut Islam

oleh -196 Dilihat
bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam

Jika Anda sudah punya rencana untuk melangsungkan pernikahan di tahun 2024, pasti tak akan lepas dari penentuan tanggal acara. Pemilihan tanggal bisa juga dengan mengacu beberapa bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam.

Sebetulnya dalam islam tidak ada hari maupun bulan yang secara khusus menjadi penetapan bahwa itu baik atau buruk. Begitu pula dalam melangsungkan pernikahan. Asalkan sudah sesuai dengan rukun dan juga syarat sah menikah, maka bisa berlangsung pernikahan kapanpun itu.

Bulan Baik untuk Menikah 2024 Menurut Islam

Meskipun tidak ada hari dan bulan khusus yang menjadi penetapan untuk melaksanakan pernikahan, di dalam islam ada beberapa bulan yang dianggap baik karena beberapa alasan. Berikut ini ada rekomendasi 4 bulan baik menurut islam!

  1. Bulan Syawal

Bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam yang pertama yaitu bulan Syawal yang berada di sekitar tanggal 10 April hingga 8 Mei 2024. 

Mengapa bulan ini jadi bulan yang baik melangsungkan pernikahan? Hal tersebut lantaran di bulan ini memiliki begitu banyak keistimewaan. Salah satunya yaitu makna kemenangan. Bagi umat muslim, Syawal menjadi bulan kemenangan sebab setelah melewati ibadah puasa dalam periode full selama bulan Ramadhan.

Kemenangan tersebut bisa kita lihat dan rasakan dari perayaan Hari Raya Idul Fitri. Momen hari raya dengan penuh suka cita dan berkumpulnya sanak saudara. Setelah momen Hari Raya Idul Fitri tersebut banyak yang mengadakan pernikahan. Karena masih dalam momen besar sukacita dan menjadi langkah awal yang baik untuk menata biduk rumah tangga yang baik.

Selain itu, sebagai umat muslim kita tahu bahwa Rasulullah SAW menikahi istrinya yang bernama Aisyah R.A juga di bulan Syawal. Oleh karena itu banyak yang menyarankan untuk umat muslim agar mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW apabila sudah mampu dan sudah memenuhi berbagai syaratnya untuk menikah.

Mengutip dari apa yang Mahbub Maafi sampaikan dalam Tanya Jawab Fikih Sehari-hari, para ulama dari Mazhab Syafi’I mengatakan bahwa sangat disarankan bagi kita untuk menikah pada bulan Syawal jika memungkinkan.

Pada bulan Syawal memang terdapat beberapa sunah yang baik untuk kita jalankan yaitu, sunah melaksanakan puasa sebanyak 6 hari, sunah melaksanakan pernikahan maupun sunah menjalani hubungan suami istri.

  1. Bulan Muharram

Rekomendasi bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam yang kedua yaitu pada bulan Muharram yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 7 juli hingga 5 Agustus 2024.

Bulan Muharram ini terkenal dengan kemuliaannya maka tak heran jika menjadi bulan pertama yang ada dalam susunan kalender hijriah dan banyak yang menganggap sebagai ‘Bukan Allah’ sebab kemuliaannya itu.

Bertepatan dengan momen selesainya umat muslim yang baru beribadah di tanah suci yaitu ibadah haji. Momen tersebut biasanya kita manfaatkan untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar dapat meraih pahalanya.

Berdasarkan pemaparan dari NU Online, ada alasan mengapa bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang mulia. Alasan itu karena beberapa kejadian atau peristiwa penting di dalam sejarah Islam banyak terjadi di periode ini.

Contohnya peristiwa kekejaman Fir’aun dan kelompok pasukannya sehingga Allah berikan bantuan untuk Nabi Musa A.S beserta para kaumnya dari penindasan yang terjadi.

Selain itu, peristiwa yang juga terjadi pada bulan Muharram yaitu ketika Allah selamatkan Nabi Nuh A.S beserta para pengikutnya dari dahsyatnya bencana banjir bandang pada zaman tersebut.

Maka dari itu tak heran jika banyak umat muslim yang berlomba ingin mendapatkan keutamaan bulan Muharram ini dengan melakukan berbagai amal saleh agar bisa mendapatkan pahala yang berlipat ruah. Berbagai amalan tersebut mulai dari berdzikir, membaca Al Quran, melakukan sedekah sampai dengan melangsungkan pernikahan.

  1. Bulan Safar

Bulan baik selanjutnya yang cocok untuk Anda gelar pernikahan di tahun 2024 menurut islam adalah Bulan Safar yang ada sekitar tanggal 6 Agustus sampai 4 September 2024.

Jika Muharram adalah bulan pertama pada kalender Hijriah, maka Safar ini adalah bulan yang kedua. Dimana jumlah harinya sebanyak 29 hari.

Sebagaimana pandangan dari ulama Syafi’iyah, waktu yang baik untuk melangsungkan akad nikah selain di bulan Syawal yaitu di bulan Safar. Alasan saran tersebut karena dahulu Nabi Muhammad SAW melangsungkan pernikahan putri tercintanya yang bernama Sayyidah Fatimah dengan seorang bernama Sayyidina Ali bin Abi Thalib di bulan Safar.

bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam

Dari pernikahan tersebut telah menciptakan silsilah keturunan keluarga Nabi Muhammad SAW sampai saat ini. Pernikahan Sayyidah Fatimah dan Sayyidina Ali sendiri dikaruniai 4 orang anak yang salih-salihah. Keempat anak tersebut yaitu Hasan, Husen, Zainab dan Ummu Kultsum.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah melaksanakan pernikahan pada bulan Safar. Ketika menikahi Sayyidah Khadijah yang berlangsung di Kota Mekkah. 

Apabila Anda ingin memiliki momen pernikahan yang sama periode waktunya dengan Nabi Muhammad SAW, maka Anda bisa melaksanakan akad nikah di bulan Safar.

  1. Bulan Rabiul Awal

Rekomendasi bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam yang keempat yaitu pada bulan Rabiul Awal yang ada sekitar tanggal 5 September hingga 3 Oktober 2024.

Mengapa bulan Rabiul Awal menjadi bulan baik untuk melaksanakan pernikahan? Sebab setidaknya terdapat 3 peristiwa penting di dalam sejarah islam yang kejadiannya ada di bulan Rabiul Awal, sehingga bulan ini dianggap sebagai bulan penuh rahmat.

Pertama, sebagai bulan kelahiran Nabi. Hari lahir Nabi Muhammad SAW jatuh di tanggal 12 bulan Rabiul Awal. Sebagai nabi terakhir dan juga utusan terakhir untuk membawa risalah Allah. Kelahiran Nabi Muhammad menjadi anugerah luar biasa bagi umat muslim.

Kedua, sebagai bulan hijrahnya nabi. Peristiwa Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah ini menjadi titik balik perkembangan agama islam.

Ketiga, wafatnya Nabi Muhammad SAW. Beliau wafat di hari Senin tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal di tahun 11 Hijriah. Untuk mengenangnya, umat muslim banyak menjalankan perintah Allah maupun amalan baik sebagaimana yang telah Rasulullah SAW contohkan pada kita. Salah satunya yaitu sunahnya agar umat muslim melaksanakan pernikahan.

Dari pandangan beberapa ulama, melaksanakan pernikahan pada bulan Rabiul Awal bisa dikatakan sebagai ekspresi cinta kita kepada Rasulullah SAW. Karena dengan menikah, berarti kita telah mengikuti tuntunan dan sunnah beliau, yaitu membentuk sebuah keluarga yang harmonis serta penuh dengan keberkahan.

Persiapan pernikahan memang tidaklah sederhana, ada berbagai hal yang perlu untuk diatur dan direncanakan. Termasuk tempat, konsumsi, undangan dan yang tidak kalah penting yaitu tanggal pelaksanaan. Semoga beberapa rekomendasi bulan baik untuk menikah 2024 menurut islam di atas dapat membantu Anda dalam menentukan tanggal pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.