9 Cara Menghilang Kan Rasa Takut Paling Efektif

oleh -88 Dilihat
Cara Menghilang Kan Rasa Takut

Merasa takut bukanlah hal yang aneh, banyak orang yang mengalaminya. Rasa takut ini bisa meliputi takut akan gelap, takut sendirian atau takut menonton film horor dan sebagainya. Namun kalau berlebihan tentunya harus diatasi dengan cara menghilang kan rasa takut tersebut.

Dari Mana Rasa Takut Dapat Muncul?

Berdasarkan penelitian para ahli, rasa takut dapat muncul dalam dua tahap yaitu reaksi biokimia dan respon emosional. Ketika Anda merasa takut, maka tubuh melepaskan hormon stres adrenalin dalam jumlah banyak secara otomatis.

Reaksi biokimia tersebut kemudian mengakibatkan beberapa reaksi fisik seperti berkeringat deras dan jantung yang berdebar kencang. Biasanya reaksi biokimia ini terjadi pada segala situasi yang merangsang rasa takut tersebut muncul.

Baik takut terhadap yang sungguh-sungguh terjadi, seperti rasa takut atau cemas menghadapi operasi besar.  Sampai dengan ketakutan yang muncul akibat kondisi emosional. Misalnya seperti takut berbicara di depan umum atau yang biasa disebut demam panggung.

Rasa takut akibat hal yang emosional ini sendiri dapat memicu respons yang emosional juga seperti keinginan untuk menghindar atau cemas. Selain itu ketakutan yang pemicunya adalah kondisi emosional

Di sisi lain, ketakutan yang dipicu oleh kondisi emosional cenderung bersifat subjektif dan tidak selalu realistis. Misalnya ketakutan seseorang untuk bergabung dalam satu komunitas yang orangnya terlalu banyak seperti pada penderita fobia sosial.

Hal tersebut dapat terjadi akibat rasa cemas berlebih terhadap kondisi tertentu sehingga timbul keinginan untuk menghindar dengan berbagai cara. Sedihnya, kondisi emosional seperti ini mampu memicu reaksi biokimia pada tubuh yang sama dalam waktu yang lama.

Terutama apabila reaksi yang timbul adalah kecemasan, biasanya dapat berlangsung sangat lama. Menerapkan beberapa cara menghilang kan rasa takut adalah solusi terbaik bagi Anda yang menderita agar tidak berlarut-larut.

Bagaimana Cara Menghilang kan Rasa Takut Yang Berlebihan?

Rasa takut sendiri merupakan bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, kalau terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek negatif. Jika Anda mengalaminya, maka dapat mencoba menggunakan cara menghilang kan rasa takut berlebihan berikut ini:

  1. Menenangkan diri

Ketika Anda dihinggapi oleh rasa takut, biasanya merasakan beberapa gejala fisik yang membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Apabila dibiarkan, gejala-gejala tersebut justru membuat suasana dan kondisi menjadi semakin parah.

Agar dapat mengurangi perasaan tersebut, sebaiknya Anda harus berusaha untuk terus berada dalam kondisi yang santai dan bebas dari stres. Usahakan untuk menenangkan diri secara fisik dan mental terlebih dahulu.

Trik yang mudah untuk menenangkan diri yang dapat dilakukan adalah dengan menarik nafas dalam selama beberapa kali dan minum air putih.  Anda juga dapat berusaha untuk mengalihkan perasaan takut tersebut dengan berjalan kaki atau mendengarkan musik.

  1. Menghadapi rasa takut

Trik kali ini membutuhkan tekad yang tinggi, yaitu menghadapi rasa takut. Trik sederhana ini terdengar mudah, namun ternyata membutuhkan keberanian dan semangat yang besar.

Sebaiknya jangan menghindari hal yang membuat Anda merasa takut, karena dapat menghalangi banyak proses yang harus dilakukan. Salah satunya, Anda ingin mundur sebelum memulai mencoba sesuatu karena dihantui oleh perasaan takut yang mendera.

Dapat dikatakan bahwa menghadapi rasa takut adalah salah satu solusi yang paling efektif. Mungkin di awal mencobanya Akan merasa kesulitan, namun lama kelamaan menjadi terbiasa. Setelah mencoba secara beberapa waktu, maka rasa takut itu lama kelamaan hilang dengan sendirinya.

  1. Mengenali pemicu rasa takut

Mengenali pemicu rasa takut adalah hal yang sangat penting untuk mengatasinya. Dengan mengetahui pemicunya maka Anda dapat menentukan langkah yang tepat. Cara untuk melakukan tes ini dengan baik adalah dengan menulis jurnal ketika merasakan ketakutan yang luar biasa.

Setelah menulis selama beberapa kali maka Anda mampu memahami apa yang sedang terjadi dari catatan di jurnal tersebut. Anda juga menjadi tahu kapan saja perasaan takut dan cemas tersebut muncul, sehingga dapat membuat rancangan trik untuk menghadapinya.

  1. Berpikir lebih positif

Ketika Anda memiliki rasa takut yang berlebihan, biasanya bisa menjadi lebih pesimis saat menghadapi berbagai hal. Rasa kurang percaya diri menjadi lebih besar akibat banyaknya pikiran negatif yang menghantui. Bahkan sebelum Anda benar-benar memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba hal tersebut.

Hindari pikiran-pikiran negatif yang datang, karena dapat menghambat pengembangan diri yang seharusnya lebih maksimal. Biasanya rasa takut yang muncul terbentuk dari pikiran negatif yang terus bermunculan.

Berusahalah untuk memenuhi pikiran Anda dengan berbagai hal yang positif dan meyakini semua hal akan berjalan dengan baik.  Ubahlah kekhawatiran yang muncul saat melalui hal yang menakutkan tersebut sehingga kekebalan terhadap tekanan menjadi terbentuk.

  1. Membayangkan kemungkinan Buruk

Rupanya, membayangkan kemungkinan terburuk yang mungkin dapat terjadi juga menjadi cara mengusir rasa takut. Misalnya kemungkinan terburuk jika Anda melakukan hal yang Anda takuti tersebut seperti serangan jantung atau serangan panik.

Setelah itu Anda dapat menempatkan diri sedang mengalami serangan jantung dan rasakan hal yang terjadi. Apabila Anda merasa sangat tidak mungkin maka bisa jadi memang hanya muncul dalam pikiran saja. Dengan demikian Anda menjadi lebih siap dalam menghadapi penyebab rasa takut yang muncul.

  1. Menemukan humor dalam rasa takut

Cobalah untuk menemukan sisi humor dari rasa ketakutan berlebihan yang Anda alami. Tips ini terbukti cukup ampuh untuk menghilangkan rasa takut. Anda dapat membuat lelucon terhadap situasi yang membuat Anda takut atau bahkan tertawakan diri sendiri.

  1. Berusaha menerima kenyataan

Tips jitu lainnya yang dapat diandalkan sebagai cara menghilang kan rasa takut adalah dengan berusaha menerima kenyataan. Hal ini mampu membuat Anda lebih mudah menenangkan diri dan menghadapi ketakutan yang muncul.

Berusahalah untuk mengenang peristiwa buruk yang terjadi dengan cara yang wajar. Berusahalah menyadari, bahwa tidak semua hal didunia ini dapat Anda kendalikan sesuai keinginan. Banyak hal yang mungkin terjadi diluar kehendak atau prediksi kita.

  1. Menghindari rokok, alkohol atau narkoba

Sebaiknya Anda menghindari untuk melarikan diri dari rasa takut yang tiba-tiba muncul dengan mengkonsumsi hal yang negatif. Contohnya adalah obat-obatan terlarang, alkohol atau rokok yang efeknya buruk bagi kesehatan.

Anda dapat menggantikannya dengan melakukan hal-hal positif yang Anda sukai seperti memasak, berkebun, bersepeda dll. Selain itu Anda juga dapat beristirahat dan tidur malam dengan waktu yang cukup agar rasa tertekan berkurang.

  1. Mencari bantuan profesional

Apabila seluruh langkah diatas tidak dapat menghilangkan rasa takut yang Anda alami, sebaiknya mencari bantuan profesional. Rasa takut berlebihan yang menandakan fobia tersebut dapat mereda dengan bantuan psikolog atau psikiater.

Profesional dapat membantu Anda untuk mempelajari dan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi rasa takut. Baik dengan melakukan sesi terapi atau menambahkan obat yang sesuai jika diperlukan. Jangan malu untuk menceritakan secara detail mengenai kondisi ketakutan Anda agar didapatkan solusi terbaik.

Demikianlah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan saat merasa perlu untuk menyembuhkan diri. Cara menghilang kan rasa takut tersebut terbukti ampuh dan efektif jika dilakukan secara rutin dan sungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.