Cara Manabung di Bank Untuk Umum dan Pelajar Lengkap dengan Persyaratannya

oleh -76 Dilihat
Cara Manabung di Bank

Semua orang menginginkan masa depan yang baik dan cerah, untuk meraihnya ada banyak jalan. Salah satunya adalah dengan cara manabung di bank. Mengumpulkan uang, mulai dari recehan demi recehan sampai menjadi besar.

Tabungan merupakan investasi masa depan yang sangat baik, sehingga semua orang akan beruntung jika memilikinya. manabung pada bank adalah cara yang paling aman, dan banyak memberikan kemudahan bertransaksi baik secara offline maupun online.

Cara Manabung Di Bank Untuk Umum

Cara manabung di bank untuk pemula, sebenarnya tidak terlalu merepotkan asal semua persyaratan lengkap. Agar rencana Anda tidak gagal karena kurangnya persiapan, simak beberapa hal berikut ini:

  • Mempersiapkan Data-Data Diri

Mempersiapkan semua surat identitas diri atau kartu, adalah cara manabung di bank yang pertama harus anda lakukan. Syarat administratif untuk calon nasabah dari berbagai bank, membutuhkan surat identitas diri ini.

Identitas yang Anda perlukan tersebut, biasanya berupa kartu tanda penduduk, kartu pelajar, kartu mahasiswa atau surat izin mengemudi. Namun, ada juga bank yang meminta syarat administratif lainnya seperti kartu keluarga atau nomor pokok wajib pajak.

  • Menyiapkan Uang untuk Setoran Awal

Apabila semua persyaratan yang harus ada sudah lengkap, maka cara manabung di bank berikutnya adalah dengan memberikan uang. Bukan sebagai biaya pendaftaran, melainkan sebagai setoran awal yang berlaku pada semua bank dengan besaran yang berbeda.

  • Memilih Bank yang Sesuai dengan Kriteria Anda

Langkah berikutnya, Anda dapat datang ke kantor bank yang Anda pilih sesuai dengan keinginan. Pada umumnya, membuka rekening awal dapat pergi ke kantor cabang pembantu yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

Dengan demikian,  Anda tidak perlu datang ke kantor pusat atau kantor cabang utama jika jaraknya terlalu jauh. Tidak perlu cemas, karena biasanya petugas keamanan akan sigap membantu Anda mengenai prosedur atau cara manabung di bank.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang maju pesat, Anda dapat melakukan cara manabung melalui aplikasi bank. Anda tidak perlu datang langsung ke bank jika mengalami kesulitan waktu dan jarak.

  • Melakukan Pengisian Formulir

Tata cara manabung di bank selanjutnya setelah sampai pada kantor cabang tujuan adalah, mengatakan kepada petugas maksud dan tujuan Anda. Petugas biasanya akan mengarahkan Anda untuk mengambil nomor antrian customer service, dan menunggu sampai mendapatkan panggilan.

Jika antrian tidak terlalu panjang, customer service akan segera memanggil Anda untuk melakukan pengisian formulir pembuatan rekening. Simak dan cermati penjelasan dari customer service mengenai produk tabungan yang Anda pilih.

Pertimbangkan dengan baik, fasilitas dan keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memilih salah satu produk. Dengan demikian, akan terhindar dari kesalahpahaman yang merugikan suatu hari nanti.

  • Memiliki Rekening

Apabila semua proses dan syarat yang harus Anda lengkapi sudah terpenuhi, maka petugas segera memproses pembuatan rekening. Setelah selesai, jumlah tabungan yang tersimpan dalam rekening sesuai dengan setoran awal yang Anda berikan.

Pada umumnya, nasabah juga mendapatkan beberapa fasilitas seperti ATM. Fasilitas lain yang mempermudah transaksi melalui online adalah layanan internet banking. Lalu, setelah memiliki rekening Anda dapat manabung dengan dua cara.

Cara pertama, dapat manabung dengan tunai melalui teller bank secara langsung atau melalui ATM non tunai. Kedua, Anda juga dapat mentransfernya dengan mudah melalui m banking, e wallet dan lain sebagainya. 

Cara Membuka Tabungan Simpanan Pelajar

manabung untuk pelajar memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah belajar mengelola keuangan sejak kecil dan mengenal dunia perbankan. manabung memang dapat dari rumah, namun karena mudah mengambil, membuatnya menjadi tidak disiplin.

Cara manabung di bank untuk pelajar juga tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  • Mengetahui Syarat Membuka Tabungan Pelajar

Langkah pertama ketika memutuskan untuk mempunyai tabungan pelajar adalah melakukan riset produk tabungan terbaik. Anda dapat mempertimbangkan berbagai fitur dan biaya perbulan dari rekening tersebut dengan cermat.

Jangan lupa, untuk memperhatikan dengan baik mengenai persyaratan membuka rekening pada jenis tabungan yang Anda pilih. Setiap bank mempunyai persyaratan yang berbeda, namun sebagian besar sama seperti berikut ini:

  • Melakukan pengisian dan penandatanganan formulir pembukaan rekening dengan lengkap dan benar.
  • Melampirkan identitas anak yang dibutuhkan seperti NIK, NISN, atau NIS.
  • Melengkapi dokumen pendukung yang merupakan syarat seperti akta kelahiran, KTP orang tua/wali, kartu keluarga. Selain itu juga melampirkan surat kuasa yang sudah terverifikasi oleh pihak sekolah.
  • Menyiapkan sejumlah uang sebagai setoran minimum simpanan pelajar.
  • Langkah-langkah Pembukaan Tabungan Pelajar

Untuk membuka rekening pelajar sebenarnya tidak terlalu sulit, Apalagi sekarang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kemudahan. Sehingga para pelajar dapat membuka produk tabungan simpanan pelajar dengan 2 prosedur berikut ini:

Melalui Sekolah

Pembukaan rekening tabungan untuk pelajar dapat melalui sekolah secara kolektif. Pada umumnya, pihak bank akan bekerja sama dengan sekolah untuk membuka produk simpanan untuk pelajar. Pelajar dapat mengisi formulir dan melengkapi persyaratan di sekolah dengan bantuan petugas bank.

Melalui Bank Penyelenggara

Cara yang kedua adalah datang langsung pada bank penyelenggara. Prosedurnya juga sama dengan cara mendaftar melalui sekolah, Anda hanya perlu memilih produk simpanan untuk pelajar dan melakukan prosedur pendaftaran.

Demikianlah langkah mudah cara manabung di bank bagi pelajar agar mampu mengelola keuangannya sejak kecil. Semoga dua cara manabung di bank tersebut, dapat membantu Anda yang masih ragu untuk memiliki rekening simpanan. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.