Cara Merekam Video Call di WhatsApp GMeet Zoom dan Aplikasi Lain

oleh -137 Dilihat

Penasaran bagaimana cara merekam video call? Apalagi saat ini video call telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang sangat penting, terutama dalam gaya hidup modern yang mengedepankan konektivitas tanpa batas geografis. Terlebih lagi, ada beragam platform video call yang menyediakan kemudahan untuk berkomunikasi secara virtual tersebut.

Hal itu memungkinkan individu saling berbagi momen berharga, berdiskusi, atau sekadar bersilaturahmi tanpa terbatas oleh lokasi fisik. Akan tetapi, seringkali keinginan untuk mengabadikan momen tersebut muncul, untuk berbagi dengan orang lain di masa yang akan datang. Sehingga, membutuhkan cara untuk merekamnya.

Kenapa Harus Paham Cara Merekam Video Call?

Pemahaman tentang cara merekam video call menjadi hal yang sangat vital. Apalagi melakukan rekaman video call, baik menggunakan fitur bawaan dari platform tertentu maupun melalui aplikasi pihak ketiga sudah memberikan fleksibilitas lebih. Yakni dalam mendokumentasikan momen berharga melalui video call.

Selain itu, merekam video call tidak hanya bersifat sebagai cara untuk menyimpan momen. Tetapi juga berfungsi sebagai alat yang efektif untuk dokumentasi, pembelajaran, dan kolaborasi. Di tengah situasi saat pertemuan tatap muka sering digantikan oleh interaksi virtual, kemampuan untuk merekam video call menjadi nilai tambah yang signifikan.

Contohnya, dalam konteks bisnis, rekaman video call dapat Anda jadikan sebagai arsip untuk referensi di masa depan. Ini juga bisa sebagai materi pelatihan bagi tim yang tersebar di lokasi berbeda. Selain itu, dalam konteks pendidikan jarak jauh, merekam video call memberikan siswa kemampuan untuk mengulang materi atau melakukan review pembelajaran secara mandiri.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara merekam video call tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang ingin menyimpan momen pribadi. Akan tetapi, berguna juga bagi mereka yang tengah mencari cara efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas interaksi virtual.

Cara Merekam Video Call dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur perekaman layar, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak aplikasi perekam layar yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store atau App Store.

Salah satu aplikasi populer adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan menyediakan beragam fitur. Misalnya perekaman layar, perekaman audio, dan mendukung berbagai format video.

  • Unduh dan instal aplikasi AZ Screen Recorder di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi AZ Screen Recorder dan aktifkan izin yang dibutuhkan.
  • Buka pengaturan ponsel Anda, lalu di bagian aplikasi buka perizinan untuk instalasi dari sumber yang tidak dikenal.
  • Mulai panggilan video di WhatsApp.
  • Ketuk opsi “Mulai Perekaman” di dalam aplikasi AZ Screen Recorder.
  • Pastikan opsi “Audio” diaktifkan agar suara dari video call dapat Anda rekam.
  • Setelah itu, jika sudah selesai maka menghentikan perekaman, Anda cukup ketuk opsi “Berhenti Perekaman”.
  • Selesai, dan Anda bisa melihat pratinjau hasil rekamannya.

Perlu Anda ingat, bahwa untuk merekam video dengan pihak ketiga ini, ada beberapa prosedur perizinan di ponsel yang harus Anda ubah. Selain itu, pastikan untuk memakai aplikasi dengan rating yang bagus dan baca review dari pengguna sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan.

Cara Merekam Video Call di WhatsApp

Jika Anda berkeinginan untuk merekam momen video call melalui WhatsApp, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Caranya bisa menggunakan fitur bawaan WhatsApp dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Untuk cara merekam video call dengan fitur bawaan WhatsApp, pastikan bahwa ponsel Anda dilengkapi dengan fitur perekaman layar. Biasanya, fitur ini telah tersedia di ponsel Android dan iOS. Adapun langkahnya dapat Anda ikuti di ulasan di bawah ini.

  • Buka WhatsApp dan lakukan panggilan video dengan orang yang ingin Anda rekam.
  • Geser layar ke atas dari bagian bawah untuk membuka Pusat Kontrol.
  • Ketuk ikon “Perekaman Layar”.
  • Aktifkan opsi “Mikrofon” agar suara dari video call juga dapat Anda rekam.
  • Ketuk “Mulai” untuk memulai proses perekaman.
  • Untuk menghentikan perekaman, cukup ketuk “Berhenti”.

Demikianlah cara merekam dengan fitur bawaan, namun agar hasil video bagus pastikan koneksi internet Anda stabil. Termasuk, jika Anda berencana merekam video call dengan durasi yang lebih panjang, manfaatkan fitur “Perekaman Layar” di ponsel Anda. Ini biasanya mendukung perekaman layar selama beberapa jam.

Cara Merekam Video Call di Gmeet

Apabila Anda berkeinginan untuk mengabadikan momen video call di Gmeet, Anda dapat dengan mudah merekamnya. Caranya cukup sederhana, Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan Gmeet.

  • Agar dapat merekam video call dengan fitur bawaan Gmeet, pastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi Gmeet dengan langkah-langkah berikut ini.
  • Buka aplikasi Gmeet dan lakukan panggilan video dengan orang yang ingin Anda rekam.
  • Pada bagian bawah layar, klik “Aktivitas”.
  • Klik “Rekaman”.
  • Klik “Mulai merekam”.
  • Untuk menghentikan perekaman, klik “Berhenti merekam”.
  • JIka sudah, maka hasil rekaman bisa Anda simpan dan bagikan link rekamannya.

Cara Merekam Video Call di Zoom

Saat Anda berniat mengabadikan momen video call di Zoom, Anda dapat melakukan perekaman dengan mudah. Caranya pun terbilang mudah, lantaran sudah ada fitur bawaan dari Zoom untuk merekam panggilan atau meeting yang terjadi.

  • Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi Zoom, cek pembaharuan secara berkala sebelum memulai panggilan.
  • Setelah itu, maka buka aplikasi Zoom dan lakukan panggilan video dengan orang yang ingin Anda rekam.
  • Pilih tanda  “Tiga titik” yang terletak di sudut kanan pada bagian atas layar.
  • Pilih “Rekam”.
  • Klik “Mulai merekam”.
  • Untuk menghentikan perekaman, klik “Berhenti merekam”.
  • Rekaman video call Zoom akan otomatis disimpan di folder “Rekaman” di perangkat Anda.
  • Anda pun memiliki opsi untuk berbagi rekaman video call Zoom dengan orang lain dengan mengekspornya ke format video yang didukung.
  • Sebagai host ketika meeting di Zoom, Anda pun dapat memberikan izin kepada peserta lain untuk merekam rapat.

Dengan demikian, maka cara merekam video call melalui WhatsApp, Google Meet (Gmeet), dan Zoom, dapat Anda lakukan secara mudah. Apalagi WhatsApp, sebagai platform pesan instan dan panggilan video yang sangat populer, menyediakan fitur perekaman internal yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk menyimpan momen-momen berkesan tanpa kesulitan.

Sementara itu, Google Meet memberikan opsi merekam secara langsung dari platformnya, mendukung pembelajaran jarak jauh dan kolaborasi bisnis. Zoom pun sebagai salah satu platform video call yang terkemuka. Juga memberikan cara yang efisien untuk merekam pertemuan dan membuatnya sebagai referensi berharga di masa mendatang.

Jadi, ketiga aplikasi tersebut di atas, merupakan aplikasi yang paling sering orang pakai untuk berkomunikasi. Kesemuanya, memiliki fitur perekaman, sehingga memudahkan Anda dalam mendokumentasikannya. 

Dengan kata lain, cara merekam video call ternyata mudah dan sederhana, Anda pun bisa langsung menggunakannya tanpa kesulitan. Selamat mencoba, semoga rekaman Anda bisa memberikan hasil yang baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.