Cara Membuat Makalah yang Benar, Terbukti Lebih Mudah!

oleh -80 Dilihat
Cara membuat makalah yang benar

Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang sering dikerjakan oleh mahasiswa. Meskipun demikian, masih banyak mahasiswa yang kesulitan saat menyusun makalah. Padahal, cara membuat makalah yang benar cukup beragam. Bahkan cara tersebut, bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

5 Cara Membuat Makalah yang Benar

Secara umum, pembuatan majalah harus mengikuti kaidah atau struktur tertentu. Oleh karena itu, perlu beberapa persiapan sebelum mengerjakan makalah. Berikut beberapa cara membuat makalah dengan cepat dan mudah, yakni:

1. Tentukan Tema dan Judul Makalah

Poin pertama yang harus Anda persiapkan saat membuat makalah yaitu menentukan tema. Tanpa tema yang jelas, Anda akan kesulitan saat menyusun makalah. Tidak hanya itu saja, pemilihan tema nantinya akan berpengaruh pada hasil akhir makalah.

Pada saat memilih tema makalah, usahakan untuk memilih topik permasalahan yang menarik. Namun, usahakan untuk memilih topik yang mudah untuk di reset. Apabila Anda memilih tema yang sulit serta sumbernya terbatas, pembahasan makalah akan stuck pada satu permasalahan saja.

2. Kumpulkan Sumber Referensi Sebanyak Mungkin

Agar hasil makalah lebih memuaskan, sebaiknya Anda menyiapkan sumber referensi sebanyak mungkin. Sebab sumber yang beragam, membuat pembahasan makalah tidak berpusat pada satu permasalahan saja. Namun, usahakan untuk mencari sumber referensi yang masih berkaitan erat dengan tema atau judul makalah.

Meskipun menggunakan sumber referensi, Anda tidak boleh menjadikan sumber tersebut sebagai bahan contekan. Sebab tindakan plagiasi akan merugikan banyak pihak, terutama pemilik karya asli. Oleh karena itu, gunakan sumber referensi sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bertujuan agar hasil makalah lebih memuaskan.

3. Menulis Makalah Secara Sistematis

Cara membuat makalah yang benar yaitu menulis makalah secara sistematis. Sebab cara ini  akan mempengaruhi kualitas tulisan. Jika Anda membuat tulisan tanpa struktur yang jelas, hasil makalah justru akan acak-acakan dan sulit untuk pembaca pahami. Oleh karena itu, usahakan untuk menulis secara sistematis.

Apabila penyusunan struktur terbalik, maka topik permasalahan akan terkesan berbelit-belit. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mempelajari struktur makalah yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar makalah yang Anda hasilkan lebih maksimal dan sesuai dengan tema dan topik.

4. Berikan Kutipan 

Pada saat menyusun makalah, sebaiknya Anda menambahkan sedikit kutipan. Hal ini bertujuan agar makalah lebih kredibel dan memiliki sumber terpercaya. Selain itu, Anda bisa menambahkan kutipan dari pendapat ahli ataupun wawancara dari narasumber. Namun, pastikan bahwa kutipan sesuai dengan tema dan topik makalah.

Apabila makalah memiliki kutipan, kredibilitasnya semakin tinggi. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitasnya. Oleh karena itu, Anda bisa mencari kutipan dari berbagai sumber. Namun, pastikan bahwa kutipan tersebut terpercaya sehingga hasil makalah dapat dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

5. Lakukan Konsultasi dengan Dosen

Cara membuat makalah yang benar yaitu melakukan konsultasi dengan dosen ataupun guru. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum mencetak dokumen dalam bentuk kertas. Sebab saat dokumen sudah tercetak, Anda harus mencetaknya kembali jika terdapat kesalahan pada makalah.

Selain itu, periksa struktur makalah tersebut dengan teliti. Sebab struktur makalah mempengaruhi kualitasnya. Apabila Anda kesulitan untuk membuat makalah, konsultasikan dengan dosen atau guru. Tujuannya agar makalah lebih berkualitas dan nilai yang Anda peroleh bisa maksimal.

Format Makalah yang Baik dan Benar

Cara membuat makalah yang benar sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, Anda harus mengetahui format makalah terlebih dahulu. Sebab format inilah yang nantinya mempengaruhi kualitas tulisan. Berikut format makalah yang baik dan benar, yakni:

1. Cover/Sampul

Format makalah yang pertama yaitu cover. Cover sendiri memuat beberapa bagian, mulai dari judul makalah, identitas penulis, logo instansi, hingga tahun terbit makalah. Bagian ini bisa Anda masukkan pertamakali pada saat membuat makalah.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah ungkapan syukur dan juga ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah. Tidak hanya itu saja, bagian ini juga membahas isi makalah secara garis besar. Selain itu, penulis juga akan memberikan sedikit alasan terkait pengambilan topik permasalahan.

3. Daftar Isi

Pada dasarnya, daftar isi makalah wajib Anda buat untuk mempermudah pembaca dalam melihat bagian makalah secara keseluruhan. Terlebih bagian ini memuat nomor halaman, sehingga pembaca bisa memilih bagian yang dituju.

4. Bab I Pendahuluan

Cara membuat makalah yang benar memang terbilang sederhana. Sebab Anda bisa menyusun bab 1 hingga bab selanjutnya secara berurutan. Bagian ini biasanya membahas tentang latar belakang permasalahan, rumusan masalah hingga tujuan pembuatan makalah. 

5. BAB II Pembahasan

Setelah menuliskan BAB 1, Anda bisa menuliskan BAB 2. Secara umum, bab 2 membahas tentang isi permasalah. Oleh karena itu, bagian ini cukup penting dalam makalah. Oleh karena itu, Anda harus membuatnya dengan menarik. Selain itu, usahakan untuk menggunakan gaya bahasa yang mudah untuk pembaca pahami.

6. BAB III Penutup

Jika beberapa bab tersebut sudah Anda susun dengan baik, selanjutnya susun Bab III yang berisi penutup. Secara umum, bagian ini berisi simpulan dan juga rumusan akhir dari topik permasalahan. Selain itu, bagian BAB III juga memuat saran. Pada saat membuat bagian ini, Anda bisa menggunakan bahasa yang singkat dan padat.

7. Daftar Pustaka

Cara membuat makalah yang benar tentu saja tidak mengandung unsur plagiasi. Oleh karena itu, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan membuat daftar pustaka. Sebab daftar pustaka berisi tentang sumber referensi yang Anda gunakan untuk menyusun makalah.

8. Lampiran

Bagian ini bisa sebenarnya tidak wajib ada pada makalah. Namun makalah akan terlihat lebih bagus jika Anda menyiapkan bagian lampiran. Terlebih bagian ini berisi dokumen foto pada saat Anda melakukan penelitian. Oleh karena itu, makalah terlihat lebih bagus dan menarik

Itulah beberapa informasi tentang cara membuat makalah yang benar. Dengan mempelajari beberapa info tersebut, Anda bisa menyusun makalah sesuai format. Terlebih makalah menjadi salah satu tugas yang sering diberikan kepada mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.