6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Dibagian Belakang Sesuai Penyebabnya

oleh -80 Dilihat
Cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang

Menderita sakit kepala bagian belakang memanglah tidak nyaman, apalagi jika muncul mendadak disaat genting. Jika Anda kerap merasakannya, cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang yang hendak dibahas kali ini, dapat dicoba untuk meredakannya.

Penyakit ini ditandai dengan keluhan nyeri yang mendadak muncul atau terkadang secara bertahap pada area belakang kepala. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan pada sisi kanan maupun kiri.

6 Penyebab Sakit Kepala Dibagian Belakang

Seringkali sakit kepala yang dialami dapat sembuh dengan sendirinya selama beberapa waktu. Ada juga yang tidak kunjung hilang dan diikuti dengan gejala lain sehingga diperlukan cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang untuk menyembuhkannya.

Sebelum mulai membahas penyembuhan, Anda sebaiknya mengenali penyebab sakit kepala bagian belakang tersebut. Dengan demikian dapat menentukan penanganan yang tepat, dan membawa ke dokter segera agar tidak terlambat.

Secara umum penyebab sakit kepala bagian belakang yang sering dialami penderita adalah sebagai berikut:

  1. Sakit Kepala Tegang

Penyebab umum sakit kepala dibagian belakang adalah kepala yang mengalami ketegangan. Pemicunya bermacam-macam, seperti lapar, kurang tidur, stres dan lain sebagainya. Rasa nyeri akibat sakit kepala tegang biasanya ringan sehingga penderita masih dapat beraktivitas.

Umumnya gejala akibat sakit kepala tegang ini terasa pada bagian dahi, leher atau belakang kepala selama 30 menit. Namun terkadang sakit yang menimbulkan sensasi tertekan ini juga berlangsung selama beberapa hari.

  1. Sakit Kepala Exertional

Jenis sakit kepala dibagian belakang ini biasanya terjadi akibat berbagai macam aktivitas fisik yang dilakukan penderita. Saat aktivitas yang dilakukan semakin berat maka rasa sakitnya juga semakin parah, contohnya saat batuk, berlari, berhubungan badan, dan kelelahan. Lelahnya seorang ibu dalam islam juga kadang membuat kepala bagian belakang terasa sakit.

Biasanya penderita akan merasakan nyeri pada bagian belakang kepala, baik di seluruh bagian atau hanya di belakang mata saja. Kondisi ini akan timbul selama 20 atau 30 menit, namun bukanlah gejala penyakit serius yang parah.

Meskipun demikian, sakit kepala exertional ini sebaiknya tidak dianggap sepele karena bisa menjadi gejala gangguan pembuluh darah dalam otak. Apabila Anda sering menderita nya, cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang yang tepat adalah pergi ke dokter.

  1. Sakit Kepala Harian Kronis

Jenis sakit kepala di bagian belakang yang satu ini dapat terjadi setiap hari selama tiga bulan, dan umumnya kerap diderita wanita.  Pemicunya adalah kelelahan atau pernah mengalami cedera pada bagian leher.

Saat kambuh penderita merasakan ketidaknyamanan pada area tersebut akibat otot leher yang menegang. Cara menyembuhkan sakit kepala dibagian belakang untuk jenis ini yang paling tepat adalah fisioterapi.

  1. Migraine Basilar

Berbeda dengan migrain biasa yang hanya terjadi pada satu sisi kepala, migrain basilar ini menyebabkan nyeri pada bagian belakang. Gejala awal dari jenis migrain ini adalah pusing, sulit mendengar dan bicara, pandangan kabur, telinga berdenging dan buta sementara.

  1. Postur Tubuh Tidak Ideal

Apabila setiap hari Anda seringkali membungkuk, maka dapat menyebabkan ketegangan di area leher dan punggung. Sehingga dapat menimbulkan sakit kepala pada bagian belakang yang mengganggu kenyamanan beraktivitas.

  1. Sakit Kepala Cluster

Salah satu penyebab sakit kepala dibagian belakang adalah menderita sakit kepala cluster. Kondisi ini terjadi akibat masalah yang dialami pada ruas tulang belakang di area leher. Akibatnya penderita merasakan sakit kepala, terutama ketika tidur telentang.

  1. Neuralgia Oksipital

Cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang yang diakibatkan Neuralgia oksipital tentu berbeda dengan migrain meskipun gejalanya mirip. Kondisi ini juga kerap menyebabkan seseorang merasa sakit pada bagian belakang kepalanya.

Penyebab neuralgia oksipital adalah gangguan yang terjadi pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang, dari pangkal leher sampai kepala. Umumnya penderita pernah mengalami syaraf kejepit, cedera atau peradangan.

Memang banyak orang yang mengira neuralgia oksipital adalah migrain karena gejalanya yang sangat mirip. Namun, penderita akan merasakan seperti tersengat listrik yang terasa menusuk pada bagian belakang kepala dan leher.

Demikianlah beberapa penyebab umum terjadinya rasa sakit yang dialami pada bagian belakang kepala. Dengan mengenali penyebabnya, Anda akan lebih mudah menemukan cara menyembuhkan sakit kepala dibagian belakang.

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Dibagian Belakang dengan Efektif

Obat bukanlah solusi utama yang dilakukan untuk meredakan sakit kepala dibagian belakang. Terdapat beberapa solusi lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Salah satunya adalah dengan olahraga secara rutin atau istirahat yang cukup.

Cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang ini cukup dengan obat anti nyeri yang dijual bebas di apotik. Hanya saja jika disertai dengan gejala lain Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Beberapa cara meringankan sakit kepala bagian belakang secara alami yang recomended adalah sebagai berikut:

  1. Istirahat dengan cukup

Salah satu penyebab sakit kepala dibagian belakang ini adalah kurang tidur sehingga solusinya adalah istirahat yang cukup. Sebaiknya waktu istirahat yang cukup untuk orang dewasa dengan rentang usia 18–64 tahun tiap malamnya adalah 7–9 jam per hari.

  1. Olahraga secara rutin

Olahraga rupanya juga menjadi cara yang efektif untuk menyembuhkan sakit kepala jika dilakukan secara rutin. Lakukan minimal 5 kali satu minggu dengan durasi 30 menit agar dapat meredakan gejala yang dialami. Olahraga yang direkomendasikan adalah berenang, bersepeda dan berjalan.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Dehidrasi yang dialami oleh tubuh juga kerap menjadi penyebab dari sakit kepala dibagian belakang. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Dengan demikian rasa sakit yang dirasakan lama-kelamaan akan hilang.

Selain minum air yang cukup, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung air. Contohnya seperti, timun, semangka, jeruk, tomat, seledri dan blewah.

  1. Mengelola Stres dengan Baik

Salah satu cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang yang manjur rupanya adalah mengelola stress dengan baik. Caranya cukup mudah, seperti mandi air hangat, pijat relaksasi, olahraga, meditasi, membaca buku, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Namun jika langkah-langkah tersebut tidak mampu meredakan gejala yang Anda rasakan, sebaiknya konsultasi dengan psikolog. Selain dapat mengidentifikasi penyebab stress, psikolog juga akan memberikan solusi untuk mengatasinya.

  1. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Apabila Anda seorang perokok yang senang minuman beralkohol, sebaiknya hentikan sekarang juga! Kedua hal tersebut rupanya dapat menjadi penyebab sakit kepala dibagian belakang yang Anda alami. Menghindari penyebab sakit biasanya akan meredakan gejala dengan cukup efektif.

  1. Makan Tepat Waktu

Terlambat makan rupanya tidak hanya mengakibatkan sakit perut dan lapar saja namun juga nyeri kepala pada bagian belakang. Sehingga usahakan tidak pernah terlambat makan agar terhindar dari salah satu keluhan yang kerap mengganggu kenyamanan tersebut.

Beberapa cara mengatasi sakit kepala dibagian belakang diatas cukup efektif untuk meringankan penderitaan Anda. Namun, jika rasa sakit terasa semakin parah, diikuti gejala lain seperti mual, muntah dan demam sebaiknya segera meminta pertolongan medis secepatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.