Apa Penyebab Down Syndrome menurut Islam?

oleh -89 Dilihat
penyebab down syndrome menurut Islam

Sabar! Tunggu dulu, jangan langsung judging kalau anak down syndrome karena orang tuanya banyak dosa. Lalu, apa penyebab down syndrome menurut Islam? Sebab, down syndrome sendiri merupakan kelainan genetik yang muncul sejak lahir, menyebabkan perbedaan dalam karakteristik fisik dan mental dibandingkan dengan individu normal. Jadi, bukan karena dosa orang tuanya ya. 

Anak yang memiliki kondisi spesial ini biasanya memiliki ciri fisik mata sipit, wajah datar, lidah menjulur, dan kondisi mental yang tidak senormal anak lainnya. Namun, ada wajah khas yang Nampak, dan ini yang membuat mereka seolah mirip meski beda genetic orang tuanya. Lalu, apa penyebabnya secara ilmiah? 

Dari sisi ilmiah, penyebab Down syndrome terkait dengan kesalahan dalam proses pembelahan sel,  yakni nondisjunction. Sebab pada kondisi normal, manusia memiliki 46 kromosom, yang terdiri dari 23 kromosom dari ibu dan 23 kromosom dari ayah. Namun, pada penderita Down syndrome, jumlah kromosomnya bertambah menjadi 47. 

Penyebab Down Syndrome Menurut Islam: Kehendak Ilahi dan Hikmah-Nya

Apakah pernah terpikirkan bahwa ini takdir dari Allah? Mengingat, down syndrome, suatu kondisi genetik yang mempengaruhi aspek fisik dan mental individu. Dalam Islam, konsep takdir memainkan peran sentral dalam memahami fenomena ini. 

Oleh karena itu, mari simak hingga tuntas. Sebab, setelah ini akan mengulas pandangan Islam terhadap penyebab Down syndrome, merujuk pada ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits terkait.

1. Takdir: Penetapan Ilahi yang Menyeluruh

Dalam ajaran Islam, takdir bisa berarti sebagai ketetapan Allah yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Dalam Al-Qamar ayat 49 menyatakan, “Sesungguhnya, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (takdir).” Ketetapan ini tidak hanya terbatas pada nasib individu, melainkan juga mencakup karakteristik fisik, mental, dan segala peristiwa yang dialami oleh manusia.

2. Down Syndrome: Takdir dan Iman

Pandangan terhadap penyebab down syndrome menurut Islam berdasarkan pada konsep takdir ini. Sebab, kelahiran anak dengan Down syndrome bisa berarti sebagai takdir yang telah Allah tetapkan, sejalan dengan segala sesuatu yang telah termaktub oleh-Nya. Al-Furqan ayat 2 menegaskan, “Dan Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya.”

Penerimaan takdir dengan iman menjadi sikap mendasar bagi umat Muslim. Bahkan, dalam hadis dalam riwayat Muslim menyatakan, “Tidak ada musibah yang menimpa seorang mukmin kecuali Allah mendatangkan dengannya kebaikan, baik yang ia ketahui maupun yang tidak ia ketahui.” Hal ini mengajarkan bahwa di balik setiap cobaan terdapat hikmah Ilahi yang mungkin belum terungkap sepenuhnya.

3. Hikmah di Balik Takdir: Ujian dan Peningkatan Iman

Meskipun Down syndrome dapat menimbulkan berbagai tantangan, Islam memandangnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan iman dan ketabahan. Dalam Al-Baqarah ayat 155-157, Allah berfirman, “Dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar.”

Kelahiran anak dengan Down syndrome mungkin memicu kesedihan dan kekhawatiran. Akan tetapi, sebagai orang tua yang beriman, kondisi ini bisa sebagai kesempatan untuk menunjukkan kesabaran dan memperkuat keyakinan terhadap kehendak Allah. 

Sebagaimana dalam hadis dari Bukhari menyatakan, “Seorang mukmin yang paling berat ujiannya adalah yang paling dicintai Allah.” Mengingatkan bahwa ujian yang berat mencerminkan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

4. Mencari Hikmah dan Berkarya dengan Kebaikan

Penyebab down syndrome menurut Islam  memang karena ketentuannya. Oleh karena itu, mencari hikmah dalam takdir merupakan ajaran Islam yang harus menjadi tauladan. Bagi keluarga dengan anak Down syndrome, hikmahnya melalui penerimaan, upaya maksimal dalam terapi dan pendidikan, serta pengakuan potensi dan keunikan anak. 

Hikmah ini juga dapat melalui penguatan ikatan keluarga, amal kebajikan untuk mendukung individu dengan spesial ini, dan berkontribusi pada masyarakat. 

Bahkan dalam Al-Ankabut ayat 2-3 menyatakan, “Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan begitu saja (tanpa diazab) karena mengatakan, ‘Kami telah beriman’? Dan belumlah Kami coba mereka? Dan sungguh Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bersabar dan Dia pasti akan menyatakan orang-orang yang dusta.”

Ayat ini mengingatkan bahwa ujian adalah bagian dari perjalanan iman, dan dengan kesabaran. Maka Allah pun akan membedakan antara orang yang beriman sejati dan mereka yang hanya berpura-pura.

Dengan demikian, dalam Anda tarik kesimpulan bahwa penyebab down syndrome menurut Islam adalah ketentuan-Nya. Bahwa down syndrome bisa sebagai takdir yang penerimaannya dengan iman, menanggapinya dengan ketabahan, dan mencari hikmahnya. 

Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, dan di balik setiap takdir terdapat rencana-Nya yang penuh hikmah. Bagi keluarga yang mendapatkan anugerah anak dengan Down syndrome, Allah membuka pintu ujian sekaligus peluang besar untuk meraih keberkahan dan rahmat-Nya. Dengan iman dan amal kebajikan, mereka akan mendapatkan berkah Allah, baik di dunia maupun di akhirat.

Penyebab Down Syndrome Menurut Islam : Ini Petunjuk Agar Anak Terhindar

Sebagaimana Anda ketahui, bahwa down syndrome ini, yakni suatu gangguan genetik yang timbul akibat kelebihan kromosom 21. Sehingga, dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan mental pada individu yang terkena. Oleh karena itu, orang tua perlu berupaya menjaga kesehatan dan keselamatan anak-anak mereka, termasuk mencegah kemungkinan terjadinya down syndrome.

Berikut adalah beberapa panduan agar anak terhindar dari down syndrome menurut ajaran Islam:

1. Pendidikan Karakter Keluarga dan Remaja Islami

Ajaran Islam menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi keluarga dan remaja. Pendidikan karakter yang baik dapat membimbing mereka untuk menjalani gaya hidup sehat dan menghindari perilaku yang dapat memicu down syndrome, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan perzinaan.

2. Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Penyakit Genetik

Pendidikan mengenai kesehatan reproduksi dan penyakit genetik menjadi penting bagi pasangan yang akan menikah. Ini memberikan pemahaman tentang kebutuhan menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah terjadinya gangguan genetik, termasuk down syndrome.

3. Konsep Pernikahan Ideal dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an mengajarkan konsep pernikahan yang ideal, berdasarkan pada cinta, kasih sayang, dan saling menghormati. Pernikahan yang sesuai konsep ini dapat menghasilkan keturunan yang sehat dan tidak mengalami kelainan.

4. Mencegah Penyebab Down Syndrome Menurut Islam : Lakukan Pemeriksaan Pra Nikah

Pemeriksaan kesehatan reproduksi dan genetika sebelum menikah menjadi langkah penting bagi pasangan. Tujuannya adalah mengetahui kondisi kesehatan reproduksi dan genetik mereka. Jika terdapat faktor risiko untuk memiliki anak dengan down syndrome, langkah-langkah pencegahan dapat segera terlaksana.

5. Pembelajaran Parenting Islam sebagai Persiapan Terbaik Menjadi Orang Tua

Parenting Islam, atau ilmu pengasuhan anak berdasarkan ajaran Islam, memberikan pemahaman tentang persiapan fisik dan mental sebelum menjadi orang tua. Persiapan yang matang akan membantu orang tua dalam menjalankan peran mereka dengan baik dan menjaga kesehatan anak.

6. Norma Menjauhi Pergaulan Bebas, Narkoba, dan Perzinaan

Islam melarang pergaulan bebas, narkoba, dan perzinaan. Pergaulan bebas dapat menyebabkan kehamilan di luar nikah, yang meningkatkan risiko down syndrome. Narkoba dan perzinaan juga dapat merusak kesehatan reproduksi dan menimbulkan kelainan genetik.

7. Pemeriksaan Kesehatan Kehamilan Berkala dan Screening Genetika

Pemeriksaan kesehatan kehamilan berkala dan screening genetika dapat membantu mendeteksi kemungkinan down syndrome pada janin. Jika terdapat indikasi, langkah-langkah penanganan dapat terlaksana sesuai kebutuhan.

8. Meningkatkan Doa dan Amal Sholeh Selama Kehamilan

Mencegah penyebab down syndrome menurut Islam bisa dengan doa dan amal sholeh dapat membantu menjaga kesehatan janin dan mencegah kelainan genetik. Orang tua dapat memperbanyak doa dan amal sholeh, seperti membaca Al-Qur’an, bersedekah, dan beristighfar.

Semua tips tersebut semoga dapat membantu mencegah down syndrome menurut pandangan agama Islam. Dengan menerapkan pedoman ini, harapannya setiap orang tua dapat melahirkan anak yang sehat dan sejahtera.

Demikianlah paparan terkait penyebab down syndrome menurut Islam. Anda juga bisa membaca penyebab vertigo menurut islam yang penting untuk diketahui. Semoga, untuk orang tua yang memiliki genetic bawaan bisa mempersiapkan diri sejak dini. Sedangkan yang sudah memiliki anak spesial tersebut, semoga semakin kuat iman dan takwanya, sehingga bisa menjalani ketentuan Allah ini dengan ringan dan ikhlas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.