Lelahnya Seorang Ibu dalam Islam dan 8 Cara Berbakti Kepadanya

oleh -120 Dilihat
lelahnya seorang ibu dalam Islam

Dalam agama Islam, seorang ibu cukup dimuliakan. Sebab jasa ibu cukup besar dalam melahirkan buah hatinya. Bahkan ibu rela mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan. Oleh karena itu, lelahnya seorang ibu dalam Islam bisa Anda jadikan sebagai teladan.

Lelahnya Seorang Ibu dalam Islam yang Menjadi Kiprah Mulia

Menjadi seorang ibu merupakan bentuk pengabdian seorang wanita yang sangat mulai di sisi Allah SWT. Terlebih ibu menjadi Madrasah Pertama bagi putra-putrinya. Oleh karena itu, ibu mendapatkan kedudukan utama dalam agama Islam.

Kedudukan orang tua yang besar membuat anak harus menghormati orang tuanya. Sebab peran ibu dalam kehidupan sehari-hari cukup besar. Terlebih tugas ini tidak hanya melahirkan saja, namun menemani, mendidik, sekaligus menjadi teman bagi seorang anak.

Meskipun memiliki aktivitas yang padat, lelahnya seorang ibu dalam islam akan selalu menunjukkan kasih sayangnya kepada putra-putrinya. Oleh karena itu, seorang anak wajib berbakti kepada ibunya. Terlebih berbakti kepada orang tua, menjadi amalan yang cukup penting.

Peran ibu dalam keluarga juga tak kalah besar. Mengingat ibu selalu menjadi orang pertama yang memperhatikan buah hatinya ketika baru lahir. Oleh karena itu, tidak heran jika agama Islam sangat memuliakan seorang ibu. 

Cara Berbakti Kepada Ibu yang Paling Sederhana

Karena perjuangannya yang cukup besar dan betapa lelahnya seorang ibu dalam islam, Anda harus berbakti kepada ibu. Sebab berbakti kepada ibu, sama saja Anda telah mematuhi perintah dari Allah SWT. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti beberapa cara dari sarasehan berikut ini yakni:

1. Membantu Pekerjaan Rumah

Hakikat perempuan dalam islam memang penting untuk Anda pelajari. Namun sebelum itu, pastikan untuk mempelajari cara berbakti kepada ibu. Mengingat lelahnya seorang ibu dalam Islam tidak bisa tergantikan oleh apapun.

Salah satu cara paling mudah untuk berbakti kepada ibu yaitu membantu pekerjaan rumah. Sebab dengan cara ini, beban ibu untuk membereskan rumah cukup berkurang. Oleh karena itu, usahakan untuk membantu pekerjaan rumah secara rutin.

2. Berkata dengan Sopan dan Halus

Berbicara dengan nada yang kasar dan keras, kini tengah menjadi fenomena di kalangan anak muda. Padahal ucapan yang kasar bisa melukai hati orang tua, terutama ibu. Oleh karena itu, usahakan untuk berbicara sopan saat berhadapan dengan ibu.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa hati seorang ibu cukup lembut. Terlebih ibu membesarkan buah hatinya dengan kasih sayang yang penuh. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan kata kasar agar tidak melukai hati ibu.

3. Lakukan Perintah Ibu dengan Baik

Lelahnya seorang ibu dalam Islam memang tidak bisa Anda gantikan. Namun, usahakan untuk berbakti kepada ibu. Hal ini bertujuan agar ibu tidak merasa gagal dalam mendidik anak. Sebab ibu mudah memahami dan menyadari perilaku anak.

Untuk berbakti kepada ibu, sebaiknya lakukan semua perintahnya. Selain itu, usahakan untuk tidak melawan saat ibu memberikan nasehat. Sebab Allah sangat memuliakan hambanya yang mematuhi perintah kedua orangtuanya, terutama ibu.

4. Bersikap Sabar saat Menghadapi Ibu

Kedudukan ibu dalam Islam memang cukup mulia. Bahkan kedudukan ibu 3 kali lebih mulia daripada ayah. Pernyataan ini sesuai dengan HR Al Bukhari, oleh karena itu muliakanlah ibu sebagaimana anjuran yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Rasa khawatir seorang ibu terkadang sering berlebihan. Bahkan tak jarang anak akan merasa risih atas sikap tersebut. Meskipun demikian, Anda harus sabar menghadapinya. Mengingat kekhawatiran ibu terkadang sering terjadi.

5. Memberikan Hadiah Kepada Ibu

Jika sudah memiliki penghasilan sendiri, sebaiknya Anda menyisihkan sebagian uang untuk memberikan hadiah kepada ibu. Sebab ibu akan memberikan apresiasi kepada putra-putrinya, meskipun hadiah yang diberikan tidak memiliki nilai yang fantastis.

Memberikan kejutan yang sederhana, terkadang sering membuat ibu merasa bahagia. Hal ini membuat ridho ibu selalu menyertai setiap langkah dan lelahnya seorang ibu dalam islam akan menjadi sedikit berkurang. Terlebih Ridho Allah SWT tergantung kepada Ridho orang tua, utamanya ibu. 

6. Merawat Orang Tua dengan Baik

Meskipun lelahnya seorang ibu dalam Islam tidak bisa tergantikan oleh materi, Namun Anda harus merawat orang tua dengan baik agar mendapatkan pahala dari Allah SWT. Merawat ibu saat mendekati hari tua, miliki ganjaran yang cukup besar 

Cara ini memang terlihat mudah, namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Bahkan dalam beberapa kasus, banyak anak yang sengaja menitipkan orang tuanya ke panti jompo. Hal ini tentu akan mengecewakan hari orang tua.

7. Membuat Bangga Orang Tua

Secara umum, orang tua akan bangga atas pencapaian buah hatinya. Bahkan dengan pencapaian yang maksimal, orang tua akan merasa berhasil mengantarkan anak ke gerbang kesuksesan. Oleh karena itu, Anda harus berusaha membanggakan orang tua. 

Untuk tumbuh dengan baik, anak harus memerlukan peran ibu dalam keluarga. Tanpa ibu, anak akan merasa kekurangan kasih sayang. Untuk itu, anak wajib patuh pada perintah orang tua.  Sebab Allah SWT akan mudah menambah doa orang tua.

8. Selalu Mendoakan Orang Tua

Jika Anda ingin berbakti kepada ibu, usahakan untuk selalu mendoakannya. Sebab doa anak Sholeh dan Sholeha akan menjadi amal jahiliah bagi kedua orang tuanya. Oleh karena itu, berdoalah sebagaimana Anda berdoa untuk keselamatan diri sendiri. 

Saat ini sedang marak istilah setan merusak rumah tangga melalui ibu. Padahal ibu merupakan orang tua yang wajib Anda hormati, sekalipun Anda sudah berumah tangga. Oleh karena itu, tempatkan pasangan dan ibu sesuai dengan porsinya masing-masing.

Beberapa cara berbakti kepada ibu tersebut bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, lelahnya seorang ibu dalam Islam tidak akan pernah tergantikan. Sebab berbakti pada orang tua merupakan kewajiban bagi semua anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.