5 Faktor Telapak Kaki Terasa Panas Menurut Islam 

oleh -105 Dilihat
telapak kaki terasa panas menurut Islam

Telapak kaki terasa panas seringkali menjadi permasalahan yang umum terjadi . Meskipun demikian, kondisi ini membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui faktor-faktor telapak kaki terasa panas menurut islam agar bisa mengatasinya. 

5 Faktor Telapak Kaki Terasa Panas Menurut Islam yang Paling Umum

Dalam ajaran agama Islam, telapak kaki terasa panas dapat terjadi oleh beberapa faktor. Hal inilah yang membuat sebagian orang salah mengartikan kondisi ini. Bahkan tak jarang banyak masyarakat yang menganggap, kondisi tersebut bagian dari mistis. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kaki terasa panas, yakni

1. Dosa

Secara umum manusia hidup pasti tidak akan luput dari salah. Bahkan hal ini seringkali membuat umat muslim ketakutan akan azab dari Allah SWT. Menurut beberapa penelitian, kaki panas dapat terjadi akibat dosa-dosa yang pernah Anda perbuat.

Secara lebih jelasnya, Allah SWT akan memberikan rasa sakit kepada manusia untuk menegurnya. Dengan cara ini, manusia akan senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar rasa sakitnya berkurang. Oleh karena itu, Anda harus mendekatkan diri kepada Allah.

2. Gangguan Jin

Faktor yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Mengingat banyak kejadian mistis yang terjadi tanpa disadari. Apabila telapak kaki panas di momen tertentu, sebaiknya Anda waspada. Kemudian konsultasikan dengan dokter.

Apabila dalam media tidak terdapat penyakit tertentu, maka Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli. Mengingat jin memang ditugaskan untuk mengganggu manusia dan menjauhkan manusia dari agama dan juga Allah SWT.

3. Gangguan Kesehatan

Telapak kaki terasa panas dan nyeri bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Mengingat beberapa penyakit tertentu juga memiliki gejala yang serupa. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu memeriksakan kondisi kesehatan.

Secara umum, pihak medis nantinya akan memberikan diagnosa terkait penyakit yang Anda alami. Namun jika pihak media tidak memiliki diagnosa khusus, Anda bisa melakukan tindakan non-medis seperti ruqyah ataupun mencoba cara alami.

4. Kehamilan

Telapak kaki terasa panas menurut Islam yang selanjutnya yaitu faktor kehamilan. Sebab ibu hamil memiliki perubahan hormon yang menyebabkan kaki terasa panas dan sedikit nyeri. Kondisi ini biasa terjadi saat usia kehamilan mulai menginjak usia 5 bulan.

Berau badan yang bertambah, membuat telapak kaki sering merasakan panas. Terlebih cairan dalam tubuh meningkat, sehingga kaki sering membengkak, panas dan juga nyeri. Oleh karena itu, ibu hamil harus lebih sering beristirahat atau sekedar rebahan.

5. Penggunaan Alas Kaki yang Terlalu Ketat

Alas kaki yang ketat akan menimbulkan rasa panas dan terbakar pada telapak kaki. Bahkan tak jarang, kaki akan mengalami luka saat alas kaki terlalu kecil. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih alas kaki yang tidak terlalu kecil agar kaki terasa lebih nyaman.

Meskipun alasan ini terdengar klise, namun faktor ini benar adanya. Terlebih saat Anda menggunakan alas kaki di luar ruangan, telapak kaki akan lebih terasa panas. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih alas kaki yang sesuai dengan ukuran.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Panas Secara Umum

Secara umum, cara mengatasi kaki terasa panas cukup beragam. Mengingat faktor penyebab kaki panas juga banyak. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya berdasarkan faktor penyebab. Berikut beberapa cara mengatasi telapak kaki panas secara umum:

1. Konsultasi dengan Dokter

Telapak kaki terasa panas menurut Islam dapat terjadi akibat gangguan kesehatan. Untuk mengatasi cara ini, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu, usahakan untuk mematuhi perintah dari dokter agar rasa panas dapat terobati.

Secara umum, dokter akan memberikan pantangan khusus bagi penderita penyakit tertentu. Jika kondisi ini Anda alami, maka usahakan untuk menghindari pantangan sesuai instruksi dokter. Sebab dokter memberikan pantangan berdasarkan pemeriksaan.

2. Merendam Kaki

Selain menggunakan cara medis, Anda juga bisa menggunakan cara mengobati telapak kaki terasa panas secara alami.  Sebab cara alami terbilang cukup mudah dan efektif untuk Anda lakukan. Terlebih Anda hanya perlu merendam kaki dengan air dingin.

Meskipun terbilang mudah, cara ini kurang efektif bagi penderita eritromelalgia. Sebab cara ini, dapat merusak kulit para penderita eritromelalgia. Selain itu, tambahkan sedikit garam epsom dan larutan sari apel sebelum menggunakannya untuk merendam kaki.

3.  Mengonsumsi Ramuan Herbal

Saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan ramuan herbal untuk mengatasi kaki panas. Adapun ramuan herbal yang bisa Anda gunakan yaitu kunyit. Sebab kunyit mengandung kurkumin yang bisa meredakan nyeri di saraf.

Selain itu, kandungan tersebut juga berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi dan juga antibakteri. Oleh karena itu, ramuan dari kunyit bisa menjadi alternatif mudah untuk mengatasi rasa panas di telapak kaki.

4. Memijat Area Kaki

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan telapak kaki terasa panas menurut Islam, Anda bisa mengatasinya dengan memijat area kaki. Sebab cara ini terbukti dapat meningkatkan aliran darah menuju kaki, sehingga kaki terasa lebih nyaman.

Cara ini seringkali menjadi alternatif banyak orang. Namun, sebelum melakukannya usahakan untuk konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar terapi lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dalam jangka pendek ataupun panjang.

5. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Meskipun penyebab telapak kaki terasa panas menurut Islam cukup banyak, namun Anda bisa melalui cara ini agar tubuh tetap sehat. Sebab rutin minum air putih dapat menjaga suhu tubuh agar tetap seimbang dan tidak berlebihan.

Suhu tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi sendiri bisa membuat kulit kering dan telapak kaki terasa panas. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin mengonsumsi air putih setiap harinya.

Beberapa cara mengatasi telapak kaki panas ini bisa Anda pelajari dengan benar. Namun, sebelum itu pastikan untuk mengetahui faktor penyebab telapak kaki terasa panas menurut Islam. Hal ini bertujuan agar penanganan lebih tegas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.